DetikNews
Sabtu 22 Desember 2018, 11:06 WIB

Di 2019, Soekarwo Targetkan 270.000 IKM Terintegrasi Teknologi

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Di 2019, Soekarwo Targetkan 270.000 IKM Terintegrasi Teknologi Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Di tahun 2019, Gubernur Soekarwo menargetkan ada 270.000 Industri Kecil Menengah (IKM) yang sudah terintegrasi dengan teknologi.

Namun tahun ini, baru tercatat 921 IKM dari target 1.294 IKM di akhir tahun, yang dilaporkan telah terintegrasi dengan teknologi.

"Ada 921 di Jawa Timur saja dari 270.000 yang kita siapkan di tahun depan. Tahun ini targetnya 1.294," kata pria yang akrab disapa dengan Pakdhe Karwo itu saat menyambut kedatangan Ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur di Indonesia di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (21/12/2018).


Menurut Pakdhe Karwo, menuju Revolusi Industri 4.0, hal semacam ini sangat penting untuk disiapkan, bahkan menjadi suatu keharusan.

"Bukan lagi berapa derajat kira-kira urgensi tapi ini pilihan yang tidak mungkin tidak harus kita lakukan. To be or not to be terhadap sistem yang bergerak hari ini 4.0 nanti 5.0, yang ini menjadi saya berproses untuk teknologinya untuk semua bisa," tandasnya.


Untuk mencapai tujuan ini, pihaknya juga menggandeng Bukalapak dan detikcom. Ia pun menjelaskan bahwa peran Bukalapak adalah untuk membangun pasar, sedangkan detikcom bisa secara aktif mempublikasikan potensi IKM yang ada agar lebih dikenal masyarakat.

"Maka kami mendahului dari kecenderungan itu bekerjasama dengan lembaga resmi yang diatur undang-undang namanya Bukalapak dan lembaga resmi yang diatur undang-undang detikcom untuk mem-publish kegiatan kita. Yang satu bridging terhadap efisiensi dalam pasar jadi itu yang kita lakukan," lanjutnya.

"Sekarang Bukalapak akan memberikan satu pendampingan untuk melakukan packaging-nya, bagaimana pendampingan untuk kualitas misalkan produknya. Bagaimana kemudian untuk produk itu bisa masuk pasar itu harus apa yang dilakukan di dalam kualitas SDM-nya yaitu presisinya misalnya karena produknya banyak tapi handmade yang kemudian bisa menjadi lebih indah lagi menjadi art," pungkasnya.



Simak juga video '10 Tren Teknologi di 2019 Versi Ericsson':

[Gambas:Video 20detik]


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed