DetikNews
Rabu 05 Desember 2018, 14:51 WIB

Miris Angka Pengangguran Malang Tertinggi di Jatim, Sandi Janjikan Ini

Muhammad Aminudin - detikNews
Miris Angka Pengangguran Malang Tertinggi di Jatim, Sandi Janjikan Ini Foto: Muhammad Aminudin/detikcom
Malang - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menyebut angka pengangguran di Malang merupakan yang tertinggi di Jawa Timur. Padahal, Malang merupakan kota dengan 'segudang' potensi. Sandiaga pun mengumbar janji ekonomi Malang akan membaik jika terpilih pada Pilpres 2019 mendatang.

"Miris, angka pengangguran di Malang tertinggi di Jawa Timur. Padahal, Malang potensinya luar biasa," ungkap Sandiaga saat berkampanye di Kota Malang, Rabu (5/12/2018).

Disebutkan dengan angka oleh Sandi, setidaknya ada 32 ribu orang masih tak memiliki pekerjaan. Parahnya, satu dari tiga pengangguran tersebut lulusan sarjana.

"Satu dari tiga pengangguran lulusan S-1. Sudah sekolah tinggi-tinggi tak dapat kerja," celutuk Sandi.


Sandiaga kemudian berjanji bakal memberikan lapangan pekerjaan seluas mungkin bagi warga Malang, jika kelak terpilih. "Bila nanti diberi mandat oleh rakyat, dapat amanah, maka tenaga kerja di Malang akan jadi prioritas. Karena Prabowo-Sandi fokus pada ekonomi," tegasnya.

Diakui Sandiaga, ia sengaja bolak balik kampanye di Malang karena ingin memajukan Kota Malang. "Malang kota pendidikan, harus maju ekonominya, banyak lapangan kerja dan semua harga murah," ungkapnya.


Kendati demikian, Data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang menyebutkan, angka pengangguran di Kota Malang menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Penurunannya dilaporkan mencapai 6,79 persen atau 1.095 jiwa dari tahun sebelumnya sebesar 7,22 persen.

"Total pengangguran sekarang (2018) sebanyak 30.898 jiwa, ada penurunan 1.095 atau 6,79 persen jika dibandingkan tahun 2017 sebesar 31.993 jiwa atau 7,22 persen," terang Kasi Statistik Sosial BPS Kota Malang Henry Soeryaning Handoko saat dikonfirmasi detikcom secara terpisah.


Dikatakan Henry, adanya fenomena peningkatan angkatan kerja menjadi faktor menurunnya jumlah pengangguran terbuka tahun ini. Namun diakui Henry, angka pengangguran di Kota Malang masih menjadi yang tertinggi di Jatim disusul Kota Surabaya.

"Ada fenomena peningkatan kerja menjadi faktor menurunnya angka pengangguran, namun Kota Malang masih tertinggi di Jatim, disusul Surabaya," beber Henry.

Ia menambahkan, komposisi pengangguran di wilayah Kota Malang didominasi usia muda dan lulusan pendidikan tinggi. "Pengangguran didominasi usia muda dan lulusan pendidikan tinggi, meskipun penurunan angka pengangguran cukup tajam dibandingkan tahun kemarin," tambah Henry.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed