DetikNews
Rabu 21 November 2018, 17:05 WIB

Ini Pesan Kapolda Jatim Saat Hadiri Majelis Mudzakaroh Dai di Gresik

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Ini Pesan Kapolda Jatim Saat Hadiri Majelis Mudzakaroh Dai di Gresik Foto: Deny Prastyo Utomo
Gresik - Jelang Pileg dan Pilpres 2019, Kapolda Jatim meminta seluruh elemen di Kabupaten Gresik menjaga kondusivitas keamanan. Polri bersinergi dengan MUI dan ulama untuk menciptakan kamtibmas secara bersama-sama.

"Polisi dan dai itu hubungannya sangat erat. Cuma beda tupoksi dimana kalau polisi menjaga kamtibmas. Sementara dai menyampaikan dakwahnya terkait dengan mental rohani terhadap umatnya," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat menghadiri Majelis Mudzakaroh Da'i Dakwah Islam Wasathiyah dan Literasi Keuangan Syariah di Masjid Agung Gresik, Rabu (21/11/2018).

Kapolda menyebut Jawa Timur yang 96,6 persen adalah umat muslim, mayoritasnya adalah lulusan pondok pesantren (Ponpes).

"Jawa Timur adalah barometer dan sebagai tolak ukur terciptanya kamtibmas. Alhamdulillah berkat dukungan komponen masyarakat dan stakeholder suasana biasa aman, tertib dan nyaman," tambah kapolda.

Dan tahun 2018, lanjut kapolda, situasi kamtibmas di Jatim selama perhelatan poltik tetap kondusif. Hanya saja ada pemilihan ulang di Sampang, Madura, pasca pemilihan Pilgub Jatim.

"Situasi saat ini sangat berbeda. Karena itu, kita harus memahami era digital. Sebab, musuh kita tidak kelihatan karena melalui hoax serta ujaran kebencian. Hal inilah yang harus diwaspadai, sebab bisa meruntuhkan pondasi kebersamaan. Inilah yang menjadi tantangan bersama dan selalu saya sampaikan saat kunjungan ke ponpes," ungkap kapolda.

Sementara Ketua MUI Kabupaten Gresik, KH Mansur Shodiq mengatakan kegiatan ini tindak lanjut silaturrahmi dari MUI Pusat.

"Pertemuan para dai se-Gerbangkertasusila ini sangat penting dalam rangka turut bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di Jatim," pungkasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed