DetikNews
Jumat 16 November 2018, 16:15 WIB

Penampakan Enam Buaya di Bengawan Solo, BKSDA: Ini Jenisnya

Ainur Rofiq - detikNews
Penampakan Enam Buaya di Bengawan Solo, BKSDA: Ini Jenisnya Foto: Istimewa
Bojonegoro - Meski awalnya kabar tentang penampakan enam ekor buaya di Bengawan Solo sempat diragukan, namun ternyata petugas dari BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) juga melihatnya.

Begitu mendengar tentang kabar adanya penampakan buaya tersebut, tim BKSDA Wilayah 2 Gresik terjun ke lokasi untuk mengecek kebenarannya.

"Saya memastikan ada, karena saya tadi cek lokasi dan melihat langsung dari pinggir sungai," ujar Kepala BKSDA Wilayah 2 Gresik, Andik Sumarsono saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (16/11/2018).


Ditambahkan Andik, jenis buaya yang diduga terlihat di area Bengawan Solo, tepatnya antara Desa Jepuro, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban dengan Desa Kalisari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro tersebut merupakan buaya muara.

Penampakan Buaya di Bengawan Solo, BKSDA: Diduga Buaya MuaraPetugas BKSDA yang melihat penampakan buaya di Bengawan Solo. (Foto: Istimewa)

Buaya-buaya ini diduga masuk ke area Bengawan Solo karena perubahan cuaca dan secara kebetulan memasuki area sungai tersebut untuk mencari makan.

"Buaya liar dari muara yang naik ke sungai itu jenisnya. Karena faktor perubahan cuaca, buaya itu bergeser untuk mencari makanan," terang Andik.


Namun Andik mengatakan jumlah buaya yang terlihat di Bengawan Solo tidak sebanyak seperti kabar yang beredar.

"Kalau jumlahnya tidak sebanyak yang diberitakan kayaknya. Dari pengamatan saya di lokasi tadi antara 3 sampai 4 ekor saja," tambahnya.

Kabar tentang adanya penampakan enam ekor buaya di tepi Bengawan Solo disebut viral di media sosial sejak hari Kamis (15/11) malam. Saat itu seorang warga melaporkan kepada jajaran Dandim setempat bahwa terlihat penampakan buaya pada hari yang sama sekitar pukul 16.00 WIB.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed