detikNews
Senin 12 November 2018, 15:01 WIB

Salip Nasional, Tes CPNS Banyuwangi Tembus 8,34 Persen

Ardian Fanani - detikNews
Salip Nasional, Tes CPNS Banyuwangi Tembus 8,34 Persen Foto: Ardian Fanani/File
Banyuwangi - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemkab Banyuwangi di atas rata-rata nasional. Angka peserta tes CPNS Pemkab Banyuwangi yang menembus ambang batas minimal sebanyak 8,34 persen, jauh di atas rata-rata nasional yang hanya sebesar 3 persen.

Ini merupakan hasil dari seleksi kompetensi dasar (SKD). Dari data jumlah pelamar formasi umum yang mengikuti SKD mencapai 2.925 orang. Hasilnya, sebanyak 153 orang atau 5,23 persen peserta berhasil memenuhi nilai ambang batas minimal.

Sedangkan total peserta SKD pelamar CPNS formasi K-2 mencapai 157 orang. Di antara 157 orang tersebut, peserta yang berhasil memenuhi PG sebanyak 53 orang atau 33,75 persen. Selain itu, satu-satunya peserta SKD CPNS disabilitas berhasil mencapai ambang batas minimal.

Secara keseluruhan, baik formasi umum, cumlaude, K-2, maupun disabilitas, jumlah peserta SKD sebanyak 3.179 orang. Sedangkan peserta yang berhasil mencapai ambang batas nilai minimal sebanyak 265 orang atau 8,34 persen.


Bupati Abdullah Azwar Anas mengaku bersyukur jumlah peserta SKD seleksi calon aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Banyuwangi yang memenuhi PG lebih baik dibanding rata-rata nasional.

"Alhamdulillah dari persentase ini menunjukkan bahwa kualitas pelamar PNS kita diatas rata-rata nasional. Semoga ini menjadi gambaran kualitas ASN Banyuwangi ke depan akan unggul dalam kinerjanya dalam menghadapi revolusi 4.0," ujarnya kepada detikcom, Senin (12/11/2018).

Anas menuturkan, jika dilihat dari sisi daerah asal, ternyata pelamar CPNS Pemkab Banyuwangi berasal dari berbagai daerah.

"Artinya Banyuwangi semakin diminati oleh banyak orang. Termasuk fresh graduate asal luar daerah. Padahal Banyuwangi menerapkan standar indeks prestasi kumulatif (IPK) yang cukup tinggi. Tetapi mereka tetap mendaftar untuk formasi Banyuwangi," kata dia.


Ketentuan PG SKD CPNS tahun ini diatur dalam Peraturan Menpan-RB Nomor 37 Tahun 2018. Pada peraturan tersebut ditentukan, khusus formasi umum, nilai ambang batas nilai soal kategori Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) minimal 75, Tes Intelegensia Umum (TIU) minimal 80, dan Tes Karakteristik Pribadi sebesar (TKP) sebesar 143.

Total nilai minimal sebesar 298 itu juga berlaku untuk pelamar formasi cumlaude. Bedanya, nilai TIU pelamar formasi lulusan terbaik berpredikat dengan pujian itu minimal 85.

Sedangkan untuk pelamar formasi disabilitas dan formasi eks tenaga honorer kategori dua (K-2), total nilai yang harus diraih minimal sebesar 260. Dengan catatan, TIU minimal untuk formasi disabilitas sebesar 70 dan TIU minimal pendaftar formasi eks K2 sebesar 60.

Sementara itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengakui banyak peserta yang tidak lulus dalam tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018. Dari sekitar 2,7 juta peserta, baru 3 persen yang memenuhi PG.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed