detikNews
Minggu 11 November 2018, 16:42 WIB

Kurangi Impor, Pakdhe Karwo Dorong Kerja Sama Antar Daerah

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Kurangi Impor, Pakdhe Karwo Dorong Kerja Sama Antar Daerah Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom
Surabaya - Gubernur Soekarwo mendorong peningkatan kerja sama perdagangan antar provinsi di Indonesia. Hal ini untuk mengurangi ketergantungan impor dari luar negeri.

"Jangan ada lagi impor selama bahan bakunya tersedia di dalam negeri. Caranya, melakukan hubungan perdagangan dengan provinsi lain," tegas pria yang akrab disapa Pakdhe Karwo di Surabaya, Sabtu (11/11/2018).

Pakdhe Karwo mencontohkan bahan baku di Jatim memang kurang, namun di provinsi lain bahan baku tersebut tersedia. Misalnya saja keperluan seperti nikel, agro, bawang putih, kedelai juga bisa dilakukan kerjasama perdagangan dengan provinsi lain.

"Cara ini menjadi bagian solusi dari mengurangi ketergantungan kita mengatasi impor bahan baku dari negara lain," imbuh Pakdhe Karwo.

Tak hanya itu, Pakdhe Karwo menyebut ada kerja sama lain yang bisa dilakukan. Contohnya dengan wilayah yang memiliki perbedaan iklim, seperti di daerah khatulistiwa.

Menurutnya, ada wilayah yang sudah hujan dan masih kemarau. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan saling bertukar komoditas yang sedang banyak di daerahnya.

"Bisa saja di Kalimantan cabe bagus, tapi di daerah Sulawesi membutuhkan. Juga DKI Jakarta jika ingin mengambil atau membeli beras dari daerah lain, bisa dilakukan," kata gubernur yang telah menjabat selama dua periode ini.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed