detikNews
Kamis 01 November 2018, 19:57 WIB

Akhirnya Gaji Ke-13 ASN Pemkot Surabaya Cair

Amir Baihaqi - detikNews
Akhirnya Gaji Ke-13 ASN Pemkot Surabaya Cair Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Penantian kapan gaji ke-13 ASN Pemkot Surabaya cair akhirnya terjawab. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) Surabaya Yusron Sumartono memastikan gaji ke-13 aparatur sipil negeri (ASN) Pemkot Surabaya cair.

"Proses pencairannya 1 sampai 2 hari ini," kata Yusron saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Kamis (1/11/2018).


Dijelaskan Yusron, gaji ke-13 yang dicairkan itu adalah gaji pokok dan tunjangan-tunjangan yang sudah termasuk dalam gaji itu, namun tidak termasuk tunjangan kinerja. Untuk jumlah ASN, ia menyebut total ASN atau PNS di Pemkot Surabaya sekitar 14 ribu, termasuk anggota dewan.

"Jadi, anggarannya kurang lebih sekitar Rp 58 miliar," kata dia.


Kenapa dicairkan sekarang? Yusron mengaku pihak Pemkot memang sangat hati-hati dalam mengambil keputusan. Ia juga memastikan, pencairan gaji ke-13 tidak menyalahi aturan. Sebab, keputusan itu sudah mengacu pada peraturan atau undang-undang.

"Mengacu pada peraturan pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2018 tentang perubahan kedua atas peraturan pemerintah nomor 10 tahun 2016 tentang pemberian gaji, pensiunan atau tunjangan ketiga belas pada ASN," kata Yusron.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com