detikNews
Senin 29 Oktober 2018, 13:19 WIB

5 Rumah dan 1 Bengkel di Pinggir Bengawan Solo Lamongan Longsor

Eko Sudjarwo - detikNews
5 Rumah dan 1 Bengkel di Pinggir Bengawan Solo Lamongan Longsor Longsor di Lamongan/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Bantaran Sungai Bengawan Solo di Lamongan longsor. Akibatnya, 5 rumah dan 1 bengkel ikut tergerus bersama longsor.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, longsor terjadi di bantaran sungai yang ada di Desa Keduyung, Kecamatan Laren. Kades Keduyung Edi Purwanto mengatakan bangunan yang terkena longsor milik 6 warga.

"Kejadiannya semalam mas, sekitar pukul 9 malam lebih, tiba-tiba bantaran sungai longsor dan 5 rumah dan 1 bengkel yang ada di atasnya ikut terseret longsor ini," kata Kades Edi Purwanto kepada wartawan di lokasi, Senin (29/10/2018).

5 Rumah yang longsor rumah milik Kaswaji, Askuri, Subadi, Sunafi dan Supriyadi. Sedangkan bengkel yang terkena longsor adalah milik Mat Fadli.

Kades Edi menuturkan, retak sekitar pukul 21.00 WIB dan pukul 23.00 WIB rumah warga di bagian belakang tiba-tiba ambruk. Dan disusul rumah-rumah lainnya. Hingga kini penyebab longsor belum diketahui.

Warga melihat rumahnya longsor/Warga melihat rumahnya longsor/ Foto: Eko Sudjarwo

"Penyebabnya masih belum tahu, karena hujan tidak ada, air bengawan solo juga kecil, tapi kok bisa longsor," ucapnya heran.

Sementara Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan, Muslimin mengatakan, kondisi tanah di sekitar bibir Bengawan Solo sangat rentan longsor. "Memang kerentanan tanah yang berada di bibir Bengawan Solo itu sudah lama, jadi penyembuhannya memang agak lama," tutur Muslimin.

Berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan oleh Balai Besar Bengawan Solo, kata Muslimin, tanah yang mengalami longsor sepanjang 85 meter, lebar 10 meter, dengan kedalaman 6 meter, dan merusak 5 rumah dan 1 bengkel.

"Ada 4 bangunan yang sudah ambles ke bawah, dan ada 2 bangunan lagi berpotensi mengalami longsor susulan karena posisinya sudah menggantung," ujarnya.

Muslimin menambahkan, saat ini pihaknya tengah melakukan evakuasi barang-barang dari rumah yang terkena longsor, untuk dipindahkan ke rumah familinya. "Kami menghimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada, karena kondisi seperti ini masih berpotensi kembali terjadi, apalagi ketika turun hujan yang besar," ucapnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com