DetikNews
Jumat 12 Oktober 2018, 19:19 WIB

Impian Jokowi Punya Prodi Kopi Bakal Terwujud, Seperti Apa?

Sugeng Harianto - detikNews
Impian Jokowi Punya Prodi Kopi Bakal Terwujud, Seperti Apa? Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti Kemristekdikti, Patdono Suwignjo berkunjung ke Kampus Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) di Kota Madiun. (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun - Kemenristekdikti akan mewujudkan impian Presiden Joko Widodo untuk membentuk program studi (prodi) kopi di salah satu kampus politeknik yang ada di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti Kemenristekdikti, Patdono Suwignjo, saat berkunjung ke Kampus Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) di Kota Madiun, Jumat (12/10/2018).

"Presiden tertarik membuat Politeknik dengan prodi kopi. Ini memang baru pertama kalinya di Indonesia," terang Patdono kepada wartawan.


Dijelaskan Patdono, prodi kopi tersebut merupakan realisasi dari keinginan Jokowi agar sekolah vokasi di Indonesia bisa semakin spesifik.

"Presiden tentunya tidak ngarang bahwa di luar negeri itu sudah ada itu. Intinya pengembangan vokasi yang semakin lama harus semakin spesifik. Jadi kalau mau mempelajari kopi dari tanam kopi, manen kopi, kemudian mengeringkan, menggerus, membuat kopi. Meramu kopi dan dikembangkan menjadi bentuk macam-macam, maka itu adalah ilmu yang banyak dan ini adalah hal yang punya nilai ekonomis tinggi. Tidak hanya Indonesia tapi dunia," paparnya.

Patdono menambahkan, sudah ada salah satu politeknik di Indonesia yang tertarik untuk membuka prodi ilmu kopi ini.

"Ilmu kopi itu layak untuk dibuat prodi, yang menggarap mulai dari hulu sampai hilirnya. Kemarin itu waktu kita audiensi dengan presiden sudah ada politeknik yang tertarik mengusulkan," ujarnya.


Bahkan Patdono juga mengaku tidak hanya prodi kopi yang dilirik. Ke depan juga akan ada perpaduan antara prodi kopi dan coklat.

"Maka dalam waktu dekat akan ada politeknik prodi kopi dan politeknik prodi kopi dan coklat. Karena lebih spesifik dan coklat punya sejarah yang panjang," pungkasnya.


Saksikan juga video 'Jokowi Mencicipi Kopi Solidaritas di IMF-World Bank':

[Gambas:Video 20detik]


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed