DetikNews
Jumat 12 Oktober 2018, 17:26 WIB

Blitar Sempat Diguncang Gempa Berkekuatan M 3,47

Muhammad Aminudin - detikNews
Blitar Sempat Diguncang Gempa Berkekuatan M 3,47 Foto: Erliana Riady
Malang - BMKG Karangkates, Malang, mencatat terjadinya gempa bumi bermagnitudo 3.47 terjadi pukul 14.22 wib. Gempa berpusat di 38 Km selatan Wlingi, Kabupaten Blitar.

"Terjadi gempa tapi sangat kecil magnitudo 3,47 sesuai terekam alat kami. Gempa berpusat di selatan Wlingi, Blitar," terang Kepala BMKG Karangkates Musripan kepada detikcom saat dihubungi, Jumat (12/10/2018).

Musripan mengaku, gempa kategori sangat kecil dan tidak ditemukan dampak signifikan. Pihaknya sudah melaporkan kejadian gempa tersebut ke BPBD Kabupaten Malang. "Karena sangat kecil magnitudonya, jadi tidak ada dampak," jelasnya saat dihubungi.

Dia mengatakan pasca gempa bermagnitudo 6,4 di timur laut Situbondo terjadi Kamis (11/10), pihaknya telah merekam terjadi gempa sebanyak 27 kali.

"Jadi bila jumlah gempa yang terekam mulai terjadinya gempa di Situbondo sudah sebanyak 27 kali. Khusus Situbondo diikuti gempa susulan sampai 26 kali, namun magnitudonya mengecil," ungkapnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat tidak termakan oleh isu ataupun kabar yang tak pasti kebenarannya, khusus soal gempa. Catatan BMKG Karangkates belum ada gempa susulan pasca terjadinya gempa bermagnitudo 3,47 yang berpusat di selatan Wlingi, Blitar, pukul 14.22 Wib.

"Masyarakat juga jangan mudah mempercayai soal isu gempa. Meskipun tetap waspada, karena bencana gempa bumi tidak bisa diprediksi sebelumnya," ujarnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed