DetikNews
Kamis 11 Oktober 2018, 18:45 WIB

Bahan Peledak Peninggalan Perang Dunia Ke-2 Dimusnahkan

Ainur Rofiq - detikNews
Bahan Peledak Peninggalan Perang Dunia Ke-2 Dimusnahkan Foto: Istimewa
Bojonegoro - Tim Jihandak Gegana Satuan Brimob Polda Jatim memusnahkan bahan peledak yang diduga peninggalan Perang Dunia II. Bahan peledak ini ditemukan warga dan dikhawatirkan masih aktif.

Pemusnahan dilaksanakan di area Sungai Balung Panggang, Desa Cancung, Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro

"Peledakan dilaksanakan sebanyak 4 kali, untuk menghancurkan bahan-bahan peledak tersebut," jelas Kabag Ops Polres Bojonegoro, Kompol Teguh Santoso kepada detikcom, Kamis (11/10/2018).


Teguh menambahkan, bahan peledak yang dimusnahkan di antaranya satu buah proyektil sepanjang 50 cm, satu buah mortir sepanjang 18 cm dan dua buah granat fragmentasi.

Bahan Peledak Peninggalan Perang Dunia Ke-2 Dimusnahkan PolisiFoto: Istimewa

Bahan-bahan peledak tersebut ditemukan warga saat menggali tanah di bawah Jembatan Kalitetek, Desa Banjarsari, Kecamatan Krucuk pada hari Selasa (9/10/2019) lalu.

Warga yang menemukannya pun langsung melaporkan temuan ini ke polisi setempat.


Menurut Teguh, tidak menutup kemungkinan jika peninggalan sejenis masih banyak terpendam di wilayah Kabupaten Bojonegoro, khususnya di sepanjang aliran Sungai Bengawan Solo.

Untuk itu, Teguh mengimbau kepada masyarakat agar segera melapor kepada pihak berwajib bilamana mengetahui atau menemukan benda yang diduga bahan peledak.

"Jika ada yang menemukan, segera laporkan, agar petugas dapat segera melakukan pengamanan bahan peledak tersebut," pesannya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed