DetikNews
Sabtu 29 September 2018, 17:10 WIB

Disemprit Bawaslu, Sandiaga Batal Hadiri Disertasi Pius Lustrilanang

Muhammad Aminudin - detikNews
Disemprit Bawaslu, Sandiaga Batal Hadiri Disertasi Pius Lustrilanang Pius Lustrilanang menjawab teguran dari Bawaslu untuk Sandiaga Uno. (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang - Cawapres nomor urut dua, Sandiaga Uno batal hadir di Universitas Brawijaya untuk memenuhi undangan sidang disertasi politikus Gerindra, Pius Lustrilanang. Pembatalan ini ternyata dipicu oleh teguran dari Bawaslu.

"Bahwa beliau (Sandiaga) ada teguran dari Bawaslu agar tidak masuk kampus, saya nggak tahu. Saya mengundang beliau atas nama pribadi, dan ini acara pribadi. Tidak kaitan dengan politik," ungkap Pius kepada wartawan usai menyelesaikan sidang disertasi di Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Universitas Brawijaya, Kota Malang, Sabtu (29/9/2018).

Pius pun mengaku menyayangkan tindakan Bawaslu. "Orang dihalangi menghadiri resepsi, orang tidak boleh menghadiri wisuda di kampus. Jadi ini sayang sekali, menurut saya berlebihan," sesalnya.


Tak hanya Sandiaga, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga turut hadir dalam sidang disertasi Pius untuk meraih gelar doktor, bahkan ia juga menjadi salah satu penguji Pius.

Seperti halnya Pius, Anies juga mendengar adanya pelarangan untuk Sandiaga datang ke Universitas Brawijaya oleh Bawaslu. "Iya saya mendengar, karena apa tanya Bawaslu saja," tandas Anies terpisah.

Disemprit Bawaslu, Sandiaga Batal Hadiri Disertasi Pius LustrilanangSeorang anggota Bawaslu Kota Malang mengecek adanya kabar pelarangan Sandiaga Uno di Universitas Brawijaya. (Foto: Muhammad Aminudin)

Di hari yang sama, seorang anggota Panwaslu dari Kelurahan Penanggungan, Klojen, Kota Malang terlihat hadir. Petugas bernama Kuncoro tersebut mengaku ingin mengecek secara langsung kabar adanya pelarangan oleh Bawaslu untuk Sandiaga Uno.

"Saya datang mau cek, karena tidak ada pelarangan atau teguran oleh Bawaslu. Informasi katanya dari salah satu politisi Gerindra. Ini mau cek saya kebenarannya," ujar Kuncoro di lokasi.


Senada dengan petugas tersebut, Ketua Bawaslu Kota Malang Alim Mustofa membantah jika pihaknya telah melarang Sandiaga menghadiri sidang disertasi Pius. Adanya kabar ini justru membuat pihaknya balik bertanya tentang siapa yang menegur dan melakukan pelarangan.

"Lha kami ini justru malah tidak tahu. Jika dikatakan menegur atau melarang kan lucu. Ini tengah dicek kebenarannya. Yang jelas kami tidak ada pelarangan atau teguran," tandas Alim saat dikonfirmasi detikcom.



Saksikan juga video 'Kampanye di Surabaya, Sandiaga 'Diserbu' Emak-emak':

[Gambas:Video 20detik]


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed