DetikNews
Kamis 20 September 2018, 13:38 WIB

Tak Bisa Daftar CPNS, Ratusan Guru Honorer di Blitar Mogok Kerja

Erliana Riady - detikNews
Tak Bisa Daftar CPNS, Ratusan Guru Honorer di Blitar Mogok Kerja Foto: Erliana Riady
Blitar - Karena faktor usia dan tingkat pendidikan, ratusan guru honorer K2 di Kabupaten Blitar terancam tidak dapat ikut mendaftar untuk penerimaan CPNS tahun ini.

Informasi yang dihimpun dari hasil verifikasi data Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Blitar tercatat 800 honorer K2 bidang pendidikan. Namun dari jumlah itu, hanya sekitar 72 orang yang memenuhi syarat usia dan tingkat pendidikan memenuhi syarat mengikuti seleksi CPNS 2018.

"Ada 700 lebih honorer K2 yang tidak bisa mengikuti seleksi ini, karena usianya di atas 35 tahun dan belum memiliki ijazah Strata 1 (S1) sebelum November 2013," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Blitar, Mashudi saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (20/9/2018).


Tak Bisa Daftar CPNS, Ratusan Guru Honorer di Blitar Mogok KerjaFoto: Erliana Riady

Sementara itu, kuota CPNS untuk honorer K2 di Kabupaten Blitar jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah formasi khusus honorer. Kabupaten Blitar sendiri mendapatkan formasi sebanyak 469 CPNS yang terdiri atas 170 tenaga kependidikan, 179 tenaga kesehatan, 62 tenaga teknis dan 58 formasi khusus eks K2.

"Kami tidak bisa berbuat banyak. Penentuan formasi itu sudah dari pusat. Kalau dari kebutuhan Pemkab Blitar sebenarnya mengusulkan 500 orang," tambah Mashudi.


Menanggapi hal ini, puluhan guru honorer K2 di Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar pun melakukan aksi mogok mengajar pagi ini. Sri Hariyati selaku koordinator honorer K2 Kabupaten Blitar mengaku sangat memaklumi aksi demo yang dilakukan teman-temannya.

"Wajar ya, karena kami sangat kecewa dengan keputusan ini. Kami mengabdi rata-rata di atas 10 tahun, tapi tidak mendapat penghargaan sama sekali," tuturnya.




Tonton juga 'Mendikbud Sayangkan Aksi Mogok Kerja Guru Honorer':

[Gambas:Video 20detik]


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed