DetikNews
Rabu 19 September 2018, 14:37 WIB

Soal Pemilu, Panglima TNI: Laporkan Bila Ada Anggota Tak Netral

Erliana Riady - detikNews
Soal Pemilu, Panglima TNI: Laporkan Bila Ada Anggota Tak Netral Panglima TNI Marsekal Haji Tjahjanto. (Foto: Erliana Riady)
Blitar - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mewajibkan masyarakat untuk melapor jika menemukan anggota TNI yang terbukti tidak netral dalam pemilu. Laporan tersebut bisa langsung ditujukan kepada Pusat Penerangan TNI.

Menurut Hadi, tindakan ini diperlukan sebagai bentuk pengawasan masyarakat terhadap tanggung jawab TNI untuk tetap menjaga netralitas selama pesta demokrasi berlangsung.

"Saya minta pengawasan dari seluruh masyarakat. Apabila ada anggota TNI yang melakukan tindakan tidak sesuai perintah atasan, yaitu menjaga netralitas, maka saya wajibkan untuk melaporkan langsung ke Pusat Penerangan TNI," ujar Hadi usai berziarah di Makam Bung Karno Blitar kepada wartawan, Rabu (19/9/2018).


Laporan itu, lanjut Hadi, akan ditindaklanjuti dengan sejumlah sanksi untuk oknum TNI terlapor, mulai sanksi disiplin sedang hingga berat seperti tidak diikutkan pendidikan, tidak mendapat jabatan strategis dan jika tidak diikutkan pendidikan otomatis yang berdampak pada kepangkatan.

"Sementara, tujuan TNI berkarier itu untuk memiliki jabatan dan kepangkatan," tandasnya.

Hadi menambahkan pihaknya bersama Kapolri telah melalukan safari ke seluruh satuan TNI-Polri di Indonesia untuk menyampaikan harapan agar TNI-Polri selalu menjaga netralitas.

"Kami juga sudah memberikan buku saku sebagai pegangan bagi para prajurit di lapangan," imbuhnya.




Tonton juga 'Ada TNI yang Tak Netral di Pemilu, Laporkan!':

[Gambas:Video 20detik]


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed