70 Kontestan Ikut Penjurian Nasional Wirausaha Muda Mandiri 2018

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 12 Sep 2018 18:00 WIB
Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Sebanyak 70 finalis berebut yang terbaik dalam penjurian nasional Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2018. Tahun ini, sejumlah program WMM dikompetisikan dari wirausaha kreatif, sosial dan teknologi. Kontestan terbagi menjadi dua, mahasiswa program S1 atau Diploma dan non mahasiswa.

Corporate Secretary Bank Mandiri, Rohan Hafas menyatakan, jika program WMM 2018 melombakan tujuh kategori yang hari ini tengah digelar penjurian nasional. Yakni Industri perdagangan dan jasa, sosial, digital financial technology, teknologi non digital, teknologi digital, kreatif, dan boga.

"Kita mulai 2007, seiring waktu kita lihat perkembangan bidang usaha dan bisnis anak muda, tahun 2011 kita masukkan kategori digital dan non digital, tahun berikutnya wirausaha sosial. Ada 70 finalis mengikuti penjurian nasional hari ini dari 898 peserta yang mendaftar," ungkap Corporate Secretary PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Rohan Hafas berbincang dengan detikcom di Hotel Harris tempat penjurian nasional digelar, Rabu (12/9/2018).

Rohan menambahkan, lima juri dipercaya untuk memberikan penilaian dalam satu kategori yang dilombakan. Mereka memiliki latar belakang berbeda. Mulai akademisi, pelaku usaha, pemerintah hingga media massa, salah satunya Pimpinan Redaksi Detikcom Iin Yumiyanti untuk sepuluh finalis kategori non digital.

"Kita bagi tujuh ruangan sesuai kategori, juri ada lima diambil berbeda. Dari Bank Mandiri, pelaku usaha, ada reperentasi dari media juga dan akademisi. Kita sengaja merancang demikian untuk juri, agar mendapatkan perspetiktif yang berbeda dari juri, sehingga dalam menelurkan yang terbaik bisa melampui kriteria yang bagus," beber Rohan.

Dikatakan juga, WMM tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika dulu pendaftar bisa langsung mengakses secara online, saat ini calon peserta
harus mendapatkan rekomendasi dari perguruan tinggi lebih dahulu untuk mendaftar.

"Kita jadi yang sosialisasi ke perguruan tinggi, kita minta kirimkan yang terbaik yang kemudian diteruskan ke kepada komunitas dan pelaku usaha muda," ungkapnya.

Nantinya dalam satu kategori yang dilombakan akan diambil dua pemenang, baik untuk mahasiswa maupun non mahasiswa. Sebagai penggagas WMM, Bank Mandiri tentunya memberikan reward terhadap para pemenang.

"Kita ambil juara satu dan dua untuk kategori mahasiswa maupun non mahasiswa dari 10 finalis pada setiap kategori yang mengikuti penjurian nasional ini. Pemenang akan mendapatkan fasilitas, deposito pengembangan usahanya, dan mendapatkan program pembinaan dari Bank Mandiri (inkubator bisnis), serta manfaat tidak langsung kita ekspose juga untuk meningkatkan valley produknya juga," papar Rohan.

Penjurian nasional WMM 2018 berlangsung sehari penuh. Masing-masing finalis memprentasikan produk atau usaha yang diikutkan untuk meraih yang terbaik. "Pengumuman akan kita gelar 15 September nanti, tidak sekarang," kata Rohan. (fat/fat)