DetikNews
Kamis 23 Agustus 2018, 18:03 WIB

Fadel Muhammad Dikukuhkan Jadi Guru Besar Kewirausahaan Sektor Publik

Muhammad Aminudin - detikNews
Fadel Muhammad Dikukuhkan Jadi Guru Besar Kewirausahaan Sektor Publik Pengukuhan Guru Besar bagi Fadel Muhammad (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang - Fadel Muhammad resmi menjadi guru besar kewirausahaan sektor publik. Fadel butuh waktu selama 7 tahun untuk mendapatkan gelar tertinggi itu. Sebelumnya, Fadel meraih gelar doktor di Universitas Gajah Mada.

Rapat terbuka senat digelar di Universitas Brawijaya, untuk pengukuhan Fadel Muhammad menjadi guru besar kewirausahaan sektor publik pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Kamis (23/8/2018).

Sejak 1 Juni 2018 melalui surat keputusan Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi Fadel dipercaya menduduki jabatan tertinggi dalam dunia akademik itu. Fadel mulai intesif mengembangkan pemikiran tentang kewirausahaan di sektor publik ketika menjabat Gubernur Gorontalo periode 2001-2009.

Pemikiran tersebut berangkat dari tiga hal yang menjadi kegelisahan Fadel, pertama, perlu adanya perubahan birokrasi pemerintahan untuk sektor publik, kedua, kewirausahaan sektor publik adalah instrumen yang sangat dibutuhkan demi membangkitkan kreativitas dan inovasi yang terencana dan terukur.

Ketiga, perubahan yang diinginkan adalah terciptanya kinerja pemerintah daerah dalam pelayanan publik yang berkualitas.


Menurut Fadel, kapasitas manajemen kewirausahaan mempengaruhi secara signifikan terhadap kinerja pemerintah daerah. Model yang dibawa akhirnya meraih kelulusan dengan predikat cumlaude.

Sejumlah pesan disampaikan Fadel ketika menyampaikan orasi ilmiah berjudul 'Peran Kewirausahaan Sektor Publik dengan Model Fadel'.

Di antaranya, direkomendasikan kepada pemerintah pusat untuk membuat peta jalan kewirausahaan sektor publik, dukungan kebijakan yang memberi stimulan dan insentif kepada pemerintah daerah.

"Manajer publik dalam arti kepala daerah berperan penting dalam menyebarkan nilai-nilai kewirausahaan melalui visi misi yang diimplementasikan dalam serangkaian inovasi dan terobosan. Dan gaya kepemimpinan daerah adalah faktor yang cukup berperan untuk menentukan keberhasilan replikasi kewirausahaan sektor publik dengan model Fadel ini," ungkap Fadel dalam orasi ilmiahnya.


Pengukuhan Fadel Muhammad sebagai Guru Besar Peran Kewirausahaan di Sektor Publik turut dihadiri Profesor Ginandjar Kartasasmita, beserta kolega Fadel.

Ketua Senat Universitas Brawijaya Profesor Arifin menyatakan, keuletan dan kesabaran membawa kesuksesan Fadel Muhammad meraih gelar profesor.

"Ada banyak yang tanya, apakah memang bisa dengan kesibukkan Pak Fadel. Di forum ini, saya jelaskan, semua persyaratan mampu diselesaikan oleh Pak Fadel, mulai jurnal internasional sampai publikasi ilmiah. Butuh waktu 7 tahun Pak Fadel menyelesaikan ini," ungkap Arifin.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed