DetikNews
Jumat 10 Agustus 2018, 18:43 WIB

Sambut Kemerdekaan, Bendera 200 Meter Dibentangkan di Atas Laut

Eko Sujarwo - detikNews
Sambut  Kemerdekaan, Bendera 200 Meter Dibentangkan di Atas Laut Foto: Eko Sujarwo
Lamongan - Peringatan hari kemerdekaan RI dilakukan oleh semua pihak di Indonesia, tak terkecuali polisi. Di Lamongan, polisi menggelar parade pengibaran bendera merah putih sepanjang 200 meter di atas perahu untuk memperingati kemerdekaan ke-73 RI.

Bendera merah putih raksasa berkibar di Laut Jawa, tepatnya di perairan Laut Jawa yang berada di kawasan Desa Weru, Kecamatan Paciran Lamongan, Jumat (10/8/2018). Bendera sepanjang 200 meter dan lebar lebih kurang 5 meter itu berkibar di atas deretan perahu nelayan yang dibentangkan oleh polisi gabungan dari berbagai kesatuan yang ada di Lamongan.

"Ini merupakan rangkaian kegiatan kami, dari kepolisian Lamongan bersama masyarakat Lamongan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke 73," kata Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutagalung kepada wartawan usai menjadi pemimpin upacara pengibaran bendera raksasa tersebut, Jumat (10/8/2018).

Pengibaran bendera raksasa di atas perahu nelayan yang selain diikuti oleh petugas kepolisian dari berbagai unsur di Lamongan ini juga diikuti oleh warga nelayan Lamongan. Polisi dan warga berjajar khidmat diatas perahu mengikuti jalannya pengibaran bendera di atas perahu nelayan tersebut.

"Upacara parade pengibaran bendera merah putih ini diikuti 400 perahu nelayan yang berjajar di atas perairan Laut Jawa yang ada di Desa Weru," ungkapnya.


Foto: Eko Sujarwo



Proses pengibaran bendera merah putih raksasa sepanjang 200 meter inipun tak kalah khidmat. Prosesi pengibaran diawali dengan penyerahan bendera oleh Lembaga Seni Sastra dan Budaya Adiluhung Purwasurya Mojokerto kepada Bupati, Dandim 0812 dan Kapolres Lamongan untuk dibentangkan di atas perahu.

"Selain polisi dan warga nelayan, kegiatan pengibaran bendera ini juga diikuti oleh aparat TNI," terang Feby.

Sepanjang pembentangan bendera, petugas pengibar yang berasal dari kepolisian dan peserta upacara bersiap di sekitar dek perahu. Ketika bendera raksasa sepanjang 200 meter tersebut sudah terbentang, lagu Indonesia Raya pun menggema di perairan Lamongan.

Selain diikuti polisi dan TNI, parade pengibaran bendera ini juga diikuti oleh Bupati Lamongan Fadeli, Dandim 0812 Lamongan Letkol Arh Sukma Yudha Wibawa dan jajaran Forkopimda Lamongan lainnya. Sementara, peserta upacara ini sendiri adalah 1 pleton pasukan dari Kodim 0812 Lamongan dan 1 pleton pasukan Sabhara Polres Lamongan serta warga nelayan yang ada di wilayah Pantura Lamongan.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed