detikNews
Rabu 18 Juli 2018, 20:56 WIB

Bersama Difabel, Pentas Tari EKI Update 3.1 akan Hadir di Surabaya

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Bersama Difabel, Pentas Tari EKI Update 3.1 akan Hadir di Surabaya Foto: Istimewa
Surabaya - Eksotika Karmawibhangga Indonesia (EKI) Dance Company dari Jakarta akan menampilkan seni pertunjukan bertajuk EKI Update 3.1 di Surabaya. Yang spesial dari pertunjukan kali ini adalah mereka akan menggandeng anak-anak difabel untuk tampil bersama.

Dalam penyelenggaraan pentas ini, EKI bekerjasama dengan Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surabaya. Melalui pentas ini, diharapkan penampilan anak-anak dapat menepis anggapan masyarakat jika anak berkebutuhan khusus cenderung minder dalam melakukan segala sesuatu.

"Selama ini anak-anak berkebutuhan khusus dipandang sebagai anak yang tidak mampu, minder dan sebagainya. Bersama EKI Dance Company, kita akan bisa melihat mereka menyanyi, menari dan dengan percaya diri melakukan itu semua di hadapan banyak orang, di atas pentas. Tentu tidak mudah, tapi mereka bisa," ujar Ketua YPAC Jakarta Purnamawati Muki Reksoprodjo dari siaran pers yang diterima detikcom, Rabu (18/7/2018).


Rencananya, pagelaran ini akan diselenggarakan pada tanggal 27-29 Juli di Tunjungan Plaza Mall, Surabaya. Selain berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat, Direktur EKI Dance Company Aiko Senosoenoto mengatakan pentas ini juga merupakan usaha dalam memperluas kepedulian untuk membantu dan menghargai sesama.

Apalagi, lanjut Aiko, seluruh keuntungan yang diperoleh dari pertunjukan akan disumbangkan untuk YPAC Surabaya.

"Penyelenggaraan pementasan ini selain mengupayakan peningkatan apresiasi seni dalam masyarakat, juga usaha memperluas kepedulian banyak orang terhadap sesama, untuk saling membantu, menghargai sehingga tercipta iklim yang kondusif untuk kemanusiaan. Karena kami bergerak dari dunia seni, maka kami mengupayakan hal itu melalui seni," tandasnya.


EKI update 3.1 sendiri merupakan pentas ulang dari EKI update 3.0 yang telah sukses dipentaskan pada tanggal 28-30 November 2017 di Jakarta. Namun atas inisiatif sejumlah penonton asal Surabaya, EKI Update 3.0 diboyong ke Kota Pahlawan dengan sejumlah penyesuaian.

Dalam EKI Update 3.1 ini juga akan digelar sejumlah nomor tari karya koreografer muda dan sebuah pertunjukan musikal mini. Ada pula games interaktif yang dikolaborasi dengan tari-tarian.

Senada dengan Purnamawati, Aiki pun berharap acara ini juga dapat menggugah siapapun untuk lebih peduli terhadap kemanusiaan.

"Semoga menggugah siapa saja, dari latar belakang apa saja untuk melakukan kepedulian pada kemanusiaan," tuturnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com