DetikNews
Minggu 17 Juni 2018, 19:19 WIB

Lebaran Hari Ketiga, 37.484 Penumpang Padati Terminal Purabaya

Zaenal Effendi - detikNews
Lebaran Hari Ketiga, 37.484 Penumpang Padati Terminal Purabaya Hari ketiga lebaran di Terminal Purabaya/Foto: Zaenal Effendi
Surabaya - Hari ketiga lebaran pemudik masih memadati Terminal Purabaya. Hingga pukul 16.00 WIB tercatat sebanyak 37.484 penumpang.

"Ada 884 bus yang diberangkatkan hari ini. Rata-rata untuk jurusan Antar Kota Antar Provinsi(AKAP)," kata Koordinator Bidang Pendapataan UPT Terminal Purabaya, M Fadli kepada detikcom, Minggu (17/6/2018).

Dari data UPT Terminal Purabaya, terdata 6.797 penumpang diberangkatkan dari Terminal Purabaya dengan jurusan Surabaya-Solo-Yogyakarta.

Sedangkan untuk kedatangan atau arus balik sebanyak 26.044 penumpang. Rata-rata kedatangan penumpang didominasi dari daerah Probolinggo dan Banyuwangi.

"Untuk daerah Banyuwangi dan Probolinggo sekitar 4.579 penumpang. Ini meningkat dibandingkan tahun lalu," kata Fadli.

Terminal Purabaya Bungurasih/Terminal Purabaya Bungurasih/ Foto: Zaenal Effendi


Sementara itu kedatangan penumpang saat ini masih didominasi dari jurusan pendek. Sedangkan untuk antar kota antar provinsi masih belum terasa.

"Saat ini kedatangan penumpang belum begitu terasa. Meski begitu armada penuh. Sebagian pemudik juga tidak selalu datang di Terminal Purabaya. Mereka ada yang datang diterminal lain dan dijemput keluarganya," ujar Fadli.

Meski begitu, Fadli juga memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada akhir liburan atau satu hari mendekati masuk kerja.

"Untuk arus balik puncaknya kami perkirakan terjadi pada hari Selasa dan Rabu. Sebab mereka memilih jeda satu hari untuk istirahat sebelum masuk kerja," ungkap Fadli.

Fadli juga menyebutkan untuk antisipasi arus balik, pihaknya masih memberlakukan siaga 1 seperti halnya jelang hari raya kemarin.

"Kami tetap berlakukan siaga 1 seperti arus mudik lebaran. Sekitar 50 petugas dari UPT Terminal Purabaya kami kerahkan tiga sift dengan dibantu petugas Polres Sidoarjo dan juga TNI," tandasnya.

Ada Dua Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran, Kapan?

[Gambas:Video 20detik]


(ze/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed