DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 18:28 WIB

Pantau Lewat Udara, Irjen Kemenhub : Jalur Mudik Jawa Timur Aman

Ardian Fanani - detikNews
Pantau Lewat Udara, Irjen Kemenhub : Jalur Mudik Jawa Timur Aman Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Arus mudik lebaran 2018 di Jawa Timur dinilai Kementerian Perhubungan (Kemenhub) lancar tanpa kendala. Meski ada beberapa catatan penting, namun mudik kali ini tidak ada kejadian menonjol.

Hal itu di ungkapkan Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenhub Wahju Satrio Utomo, sebagai penanggung jawab kelancaran arus mudik di wilayah Timur Jawa dan Bali.

"Tidak ada yang menonjol. Lancar-lancar saja. Laporan dari beberapa pihak tidak ada kendala," ujar Wahju kepada detikcom, Kamis (14/6/2018).


Wahju semula melakukan pemantauan dengan ikut dalam kegiatan Air Patrol, yang digelar Balai Pendidikan dan Pelatihan (BP2) Penerbang Banyuwangi. Menggunakan pesawat udara Seneca, Wahju memantau langsung Selat Bali, Lautan Indonesia hingga Kepulauan di Madura.

"Melalui udara kami pantau lancar. Memang tadi sempat melihat ada penumpukan di kawasan Pelabuhan Gilimanuk. Tapi lancar dan bisa terurai dengan cepat," tambahnya.

Sementara untuk wilayah Madura, terpantau arus mudik dari Jawa menuju pulau Madura, baik dari darat maupun laut. "Mudik darat lancar tidak ada kendala. Sama juga mudik laut, kemarin kami melihat pemudik menggunakan kapal Sabuk Nusantara 56. Mereka senang kapalnya bagus dan menarik," tambahnya.


Untuk wilayah pantura, kata Wahju, pihaknya berharap pemudik bisa mengurangi penggunaan sepeda motor ketika mudik. Karena sangat berbahaya jika melakukan perjalanan jarak jauh.

"Penggunaan kendaraan umum lebih baik daripada naik kendaraan roda dua saat mudik. Sekarang sudah banyak jasa mudik yang sekaligus membawa motor yang diangkut truk. Boleh itu," tambahnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed