DetikNews
Rabu 06 Juni 2018, 14:56 WIB

Jelang Lebaran, Polda Jatim Musnahkan Ratusan Ribu Narkoba dan Miras

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Jelang Lebaran, Polda Jatim Musnahkan Ratusan Ribu Narkoba dan Miras Pemusnahan barang bukti di Polda Jatim/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Jelang lebaran, Polda Jatim memusnahkan barang bukti ratusan narkoba jenis sabu, pil hingga ribuan botol miras. Barang bukti ini berasal dari Operasi Tumpas Narkoba yang digelar 13-24 April dan Operasi Pekat 21 Mei-1 Juni.

"Barang bukti ini hasil dari operasi tumpas narkoba dan juga operasi pekat yang dilakukan masing masing periode selama sepuluh hari. Hasilnya cukup lumayan, ini hanya sebagian kecil di area Polda Jatim, ada juga dari beberapa polres jajaran," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin usia melakukan pemusnahan di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (6/5/2018).

Rinciannya, terdapat narkoba jenis sabu-sabu yang beratnya 19,78 kg dari Ditnarkoba Polda Jatim pemusnahan ini, ada juga ganja seberat 20 gram beserta pohonnya, obat keras sebanyak 10.334 butir dan 5053 botol minuman keras.

Machfud menekankan ada tiga musuh besar yang juga harus dimusnahkan. Pertama adalah terorisme, kedua yakni narkoba dan ketiga minuman keras.

Pemusnahan barang bukti di Polda Jatim/Pemusnahan barang bukti di Polda Jatim/ Foto: Hilda Meilisa Rinanda


"Musuh kita semua ada tiga, terorisme, kita sudah mengalami peristiwa yang tidak kita inginkan, yang kedua miras, banyak yang meninggal total di Indonesia mencapai ratusan orang. Ini memprihatinkan kita terus melakukan upaya pemberantasan minuman keras. Dan ketiga narkoba," lanjutnya.

Machfud meyakini, produsen hingga pengedar narkoba tidak hanya mencari keuntungan secara finansial saja, namun juga merupakan upaya merusak generasi bangsa. Untuk itu, polisi akan memberi hukuman tegas.

"Saya yakin dan percaya, tapi adalah upaya untuk bisa mengacaukan generasi penerus bangsa ini, karena orang kena narkoba sudah linglung, tidak dengerin orang tuanya, kalau ndak punya uang bisa ambil mencuri uang orang tuanya," kata Machfud.

Polisi tak hanya akan menangkap pengedar atau produsen narkoba saja, Machfud mengaku akan memberantas penjual dan produsen miras ilegal. Menurutnya miras bukan lagi kasus tindak pidana ringan (tipiring), karena kini miras sangat meresahkan dan merugikan orang lain pula.

Pemusnahan barang bukti di Polda Jatim/Pemusnahan barang bukti di Polda Jatim/ Foto: Hilda Meilisa Rinanda


"Miras bukan tipiring, tapi produsen dan penjual bisa kena juga. Dengan miras ya sama merugikan orang lain kalau misal nyetir terus nabrak kan susah," imbuh jenderal bintang dua ini.

Pada acara pemusnahan yang dihadiri beberapa pejabat utama Polda Jatim, hadir pula perwakilan Pangdam V/Brawijaya, perwakilan Kajati Jatim hingga perwakilan Badan Narkotika Nasional (BNN).



Tonton juga video: 'Polres Pacitan Musnahkan Ratusan Botol Miras'

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed