DetikNews
Kamis 31 Mei 2018, 14:26 WIB

Pilgub Jatim 2018

Saat Khofifah Joget Bareng Buruh Pabrik Rokok

Enggran Eko Budianto - detikNews
Saat Khofifah Joget Bareng Buruh Pabrik Rokok Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Cagub Jatim nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa joget bareng ratusan buruh Mitra Produksi Sigaret (MPS) di Mojokerto. Dia ingin industri sigaret kretek tangan (SKT) dipertahankan karena banyak memberdayakan kaum perempuan.

Tiba di MPS PT Ittihad Rahmat Utama, Trowulan, Mojokerto, Khofifah disambut tarian Perawan dan Bujang oleh sejumlah karyawati. Mantan Menteri Sosial ini pun diajak berjoget oleh para buruh pabrik rokok tersebut.

Mengikuti alunan musik, Khofifah bergoyang dengan gerakan satu jari. Bahasa simbolis itu barang kali berarti ajakan ke para buruh MPS untuk memilih pasangan Khofifah-Emil Dardak 27 Juni nanti.

Khofifah menjelaskan, keberadaan MPS yang memproduksi SKT sangat penting untuk dipertahankan. Menurut dia, MPS merupakan industri padat karya yang 95-99% karyawannya merupakan perempuan.

Sementara saat ini rokok yang beredar di Indonesia, tinggal sekitar 6% yang diproduksi secara SKT.

"MPS ini dalam proses rekrutmennya tak mensyaratkan lulusan SMA, bahkan di antara mereka ada yang lulus SD, SMP, sebagian besar unskill labour. Namun, ketika mereka bekerja di MPS ini mendapat upah UMK plus, THR juga mereka terima," katanya kepada wartawan di lokasi, Kamis (31/5/2018).

Oleh sebab itu, lanjut Khofifah, industri SKT harus diberikan stimulus khusus agar bertahan. Salah satunya dengan menerapkan tarif cukai rokok lebih rendah dibandingkan sigaret kretek mesin (SKM).

"Juga penguatan koperasi, seperti di Bojonegoro, base practice dari karet, itu MPS milik koperasi. Kalau ada penguatan koperasi, maka kebutuhan-kebutuhan yang tak terpenuhi, mereka (buruh pabrik rokok) tak terjebak pada rentenir, tetapi mereka akan menggunakan fasilitas koperasi yang ada," terangnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed