DetikNews
Selasa 29 Mei 2018, 09:13 WIB

Kapolda Jatim : Dalam Pengabdiannya, Polisi Tak Kenal Kata Pensiun

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Kapolda Jatim : Dalam Pengabdiannya, Polisi Tak Kenal Kata Pensiun Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Dalam pengabdiannya, polisi tidak mengenal kata pensiun. Meski telah menjadi purnawirawan, seorang polisi tetap dibutuhkan masyarakat dalam membantu mengayomi, hingga aktif menciptakan rasa aman di lingkungan masing-masing.

"Polisi dalam pengabdiannya itu tidak kenal pensiun. Cuma ada fungsi dan peranannya saja yang berbeda," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin saat berbuka bersama Purnawirawan Polisi lingkup Polda Jatim di Masjid Arif Nurul Huda Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Senin (28/5/2018).

Selain memiliki peran tersebut, ada pula peran polisi yang tak kalah pentingnya. Machfud mengatakan, purnawirawan polisi juga bisa merangkap sebagai agen mata-mata atau intelijen yang bisa memberikan informasi pada anggota aktif. Hal ini karena, setiap purnawirawan dinilai lebih dekat dan aktif bergelut di masyarakat.


"Purnawirawan Polri kan sudah bergabung bersama masyarakat, bisa memberikan informasi kepada kita. Kalau anggota yang turun, kan nanti bisa dicurigai," kata Machfud.

Machfud percaya, jika purnawirawan Polri memiliki pengalaman yang cukup banyak selama menjadi anggota aktif. Untuk itu, Machfud mengakui jika pihaknya membutuhkan saran dari para purnawirawan.

"Dalam bidang informasi apa saja. Apa saja yang bisa memberikan masukan, sumbangsih pada yang dinas-dinas ini. Para purnawirawan sudah sangat berpengalaman selama berdinas," tambahnya.


Dalam hal ini, Machfud memberi contoh Irjen Pol Purnawirawan Untung S Radjab yang telah menjabat sebagai Kapolda selama empat kali. Pengalamannya yang luar biasa ini, lanjut Machfud kiranya bisa dibagikan untuk anggota aktif agar dapat meneladani dan mencontoh prestasinya.

"Seperti Pak Untung ini sudah jadi kapolda empat kali, bisa memberikan masukan-masukan kepada kita-kita yang dinas ini," kata jenderal bintang dua ini.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed