DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 13:39 WIB

Harga Daging Ayam di Lamongan Tembus Rp 70 Ribu/Kg

Eko Sudjarwo - detikNews
Harga Daging Ayam di Lamongan Tembus Rp 70 Ribu/Kg Daging ayam di Lamongan naik/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Harga sejumlah komoditi di Lamongan awal ramadan mengalami kenaikan. Harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional menyentuh harga Rp 70 ribu/kg.

Salah satu pedagang di Pasar Sidoharjo Lamongan, Khusnul Khotimah membenarkan harga daging ayam dan telur ayam naik. "Sejak beberapa hari menjelang masuknya puasa, harga daging ayam kampung naiknya agak tinggi jika dibanding lainnya," kata Khusnul kepada wartawan, Senin (21/5/2018).

Khusnul mengaku harga daging ayam kampung saat ini mencapai Rp 70 ribu/kg padahal sebelumnya hanya berkisar Rp 65 ribu/kg. Sedangkan daging ayam ras, lanjut Khusnul, saat ini Rp 40 ribu/kg. Padahal sebelumnya hanya berkisar Rp 30 ribu/kg. "Naiknya harga daging ayam ini mengakibatkan pembeli berkurang hingga 50 persen," tambahnya.

Ditanya penyebab kenaikan harga daging ayam, Khusnul mengaku tidak tahu pasti. "Penyebab kenaikan harga ayam ini belum diketahui, tapi hampir setiap bulan ramadan mengalami kenaikan," tutur Khusnul.

Sementara Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lamongan terus memantau harga sembako di sejumlah pasar yang jadi rujukan warga. Pantauan itu untuk memastikan kelancaran suplai kebutuhan pokok, agar harganya tetap stabil hingga lebaran mendatang.

"Dari pantauan tersebut kita akan mengetahui kondisi harga sembako. Misalnya ada lonjakan harga beras, kita akan mengambil langkah untuk kerjasama dengan bulog. Yakni dengan menggelar operasi pasar, agar harga beras stabil kembali," kata Kepala Disperindag Lamongan, M. Zamroni di kantornya, Jalan Panglima Sudirman.

Misalnya harga tidak mengalami kenaikan yang signifikan jika dibanding dengan harga minggu lalu. "Pada minggu lalu dan saat ini, harga beras kualitas medium harganya Rp 10 ribu/kg. Sedangkan beras kualitas super harganya Rp 10 ribu," ungkap Zamroni yang menyebut kondisi serupa juga terjadi pada harga gula, yakni Rp 10 ribu/kg.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed