DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 10:44 WIB

Foto Mirip Bomber Gereja di Surabaya Masih Viral, Ini Kata Polisi

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Foto Mirip Bomber Gereja di Surabaya Masih Viral, Ini Kata Polisi Foto: Internet
Surabaya - Warga media sosial masih diresahkan dengan viralnya foto seseorang mirip pelaku bom bunuh diri di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya, Dita Oepriarto yang diduga masih hidup.

Dalam foto tersebut tampak polisi mengamankan seorang pria yang wajahnya mirip Dita di depan Polrestabes Surabaya. Di sebelah foto pria itu ditempelkan foto Dita yang sesungguhnya dan terlihat ada kemiripan.

Namun polisi pun memastikan jika foto itu adalah hoax alias isu yang tidak benar.

"Tidak benar, itu informasi hoax," kata Kasubag Humas Polrestabes Surabaya, AKP Cinthya Dewi Ariesta saat dikonfirmasi detikcom, Senin (21/5/2018).


Cinthya juga memastikan jika hasil pemeriksaan forensik menyebutkan Dita telah tewas saat menjadi pelaku bom bunuh diri di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya pada Minggu (13/5/2018) lalu.

"Iya betul, sesuai hasil label forensik," tambahnya.

Terkait hoax tersebut, Cinthya pun mengimbau kepada masyarakat agar tidak percaya begitu saja pada berbagai isu miring yang ada, terutama yang sedang marak saat ini, yaitu terkait terorisme.

"Masyarakat tidak perlu resah. Berita tidak terkonfirmasi kebenarannya oleh pihak kepolisian, dan sesuai hasil identifikasi forensik terduga atas nama Dita sudah meninggal dunia di TKP saat kejadian," tuturnya.


Pernyataan yang sama juga sudah pernah disampaikan oleh Kabid Humas Polda Jatim Frans Barung Mangera terkait foto yang sama beberapa waktu lalu.

"Tidak benar, hoax itu," tegasnya pada Selasa (15/5/2018).

Menurut Barung, polisi telah mengantongi hasil DNA dan data ontologi dari gigi pelaku, yang berarti bahwa yang bersangkutan sudah meninggal dunia dalam kejadian.

Dita Oepriarto bersama istri dan keempat anaknya dinyatakan meninggal dunia dengan menjadi pelaku bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya pada Minggu (13/5/2018) dalam waktu yang hampir bersamaan.



Tonton juga video mengenai pemakaman kakak beradik korban bom Gereja yang diselimuti haru:



(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed