DetikNews
Minggu 20 Mei 2018, 15:41 WIB

Aspal Runway Terkelupas, Bandara Juanda Sempat Ditutup

Zaenal Effendi - detikNews
Aspal Runway Terkelupas, Bandara Juanda Sempat Ditutup Ilustrasi/Foto: Dok. PT AP I
Surabaya - Jadwal penerbangan di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo sempat ditutup. Penyebabnya, adanya perbaikan runway akibat aspal yang terkelupas.

Penutupan itu menyebabkan jalur penerbangan dan jadwal kedatangan dialihakan ke bandara terdekat.

Penutupan runway yang berdampak pada terganggunya jadwal penerbangan ini berawal dari laporan Lion Air JT 992 tujuan Surabaya-Denpasar.

"Saat itu pukul 10.30 dilaporkan jika JT 992 tertahan di runway. Setelah diperiksa tim teknis ternyata disebabkan 'Main Whell' (Roda) dan Nose Whell (hidung) sehingga tertahan dan runway terkelupas," kata kata Communication and Legal Section Head Bandara Juanda Yuristo Ardhi pada detikcom, Minggu (20/5/2018).

Akibatnya dikeluarkan nota penutupan lalu lintas penerbangan di Bandara Juanda yang mengakibatkan 15 jadwal kedatangan di Terminal 1 dialihkan ke Bandara Ngurah Rai dan Bandara Solo serta 3 jadwal kedatangan di Terminal 2 Juanda dialihkan ke Bandara Ngurah Rai, Bandara Semarang dan Bandara Solo.

"Notam penutupan dikeluarkan 12.00 Wib hingga 12.30 Wib. Namun pada pukul 12.24 Wib, lalu lintas kembali dibuka dan dinyatakan normal," ungkapnya.

Meski notam penutupan sudah dicabut, tetapi kata Yuris perbaikan runway terkelupas masih tetap berlangsung. "Panjang runway kami kan 3 ribu meter, yang efektif dipergunakan saat ini 2.700 meter. Sedangkan yang 300 meter untuk proses perbaikan dan tidak mengganggu take off maupun landing," tambah Yuris.

Ia juga menegaskan saat ini kondisi penerbangan dan jadwal di Bandara Juanda sudah kembali normal. "Untuk penyebab pastinya runway terkelupas masih diinvestigasi," pungkas dia.
(ze/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed