Keluarga Bomber Puji Punya 2 Pilihan Lokasi Pemakaman di Magetan

Sugeng Harianto - detikNews
Jumat, 18 Mei 2018 18:20 WIB
Isi pesan WhatsApp antara Anam, sepupu Puji dengan Kepala Desa Krajan, Mujiono. (Foto: Sugeng Harianto)
Magetan - Hingga saat ini belum ada kepastian dimana jenazah pelaku bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya akan dimakamkan. Namun keluarga yang membesarkan Puji Kuswati di Magetan mengaku berkenan menerima jenazahnya.

Bahkan keluarga menawarkan dua alternatif lokasi pemakaman di Kabupaten Magetan. Alternatif pertama adalah di TPU Desa Krajan Kecamatan Parang. Lokasi ini dekat dengan desa di mana Puji dibesarkan oleh ayah angkatnya, yang tak lain pamannya sendiri, Rijan (80).

Sedangkan alternatif lokasi kedua adalah di TPU Dusun Ngampru Desa Mangunharjo.

Hal ini disampaikan oleh Anam (44), saudara sepupu Puji Kuswati kepada Kepala Desa Krajan Kecamatan Parang, Mujiono melalui pesan WhatsApp, Rabu (16/5/2018). Anam memang diserahi tugas oleh keluarga Banyuwangi untuk berkoordinasi dengan keluarga Magetan dalam hal pemakaman Puji.

Dalam pesan singkat itu disebutkan jika warga Desa Krajan menolak pemakaman Puji di desa tersebut, maka pemakaman akan dialihkan ke Dusun Ngampru.


"Kemarin memang kirim pesan singkat WhatsApp mengatakan kalau alternatif pemakaman antara Desa Krajan dan Dusun Ngampru. Tapi tampaknya masih belum pasti dan ngambang karena istrinya mas Anam ngabari kalau dia jangan pulang ke Banyuwangi dulu, karena nanti kalau jadi dimakamkan di Magetan malah bolak-balik," jelas Mujiono kepada detikcom di rumahnya, Jumat (18/5/2018).

Namun ketika ditanya pihak keluarga mana yang akan mengambil jenazah Puji di RS Bhayangkara Polda Jatim, pihaknya mengaku tidak tahu.

"Soal pengambilan nanti siapa saya juga belum tahu. Yang jelas yang sering komunikasi dengan saya Anam saudara sepupu Puji ini," papar Mujiono.


Bila sudah dipastikan, keluarga di Magetan akan langsung melakukan persiapan untuk menyambut jenazah Puji.

"Kalau ada kabar, pasti kita persiapan dan koordinasi dengan pihak keamanan. Yang jelas kita menerima jika dimakamkan disini," pungkasnya.

Jenazah Puji dan keluarganya saat ini masih tersimpan di RS Bhayangkara Polda Jatim. (lll/lll)