DetikNews
Kamis 26 April 2018, 15:50 WIB

Pilgub Jatim 2018

Pelaku Budidaya Lele Organik Ini Minta Khofifah Perhatikan Nasib UKM

Andhika Dwi - detikNews
Pelaku Budidaya Lele Organik Ini Minta Khofifah Perhatikan Nasib UKM Foto: Istimewa
Kediri - Cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa menyapa pelaku usaha budidaya ikan lele di Kabupaten Kediri. Khofifah melihat warga Desa Pranggang, Kecamatan Plosoklaten yang sudah mengembangkan banyak produk olahan pangan dengan bahan dasar lele.

Uniknya lele budidaya di Kediri ini adalah semuanya lele organik. Ketua Kelompok Rukun Tani Budidaya Lele Heru Surawan, olahan lele organik yang mereka kembangkan mulai dari cendol lele, onde-onde lele, nugget lele, dan berbagai olahan makanan lainnya.

"Kami mengembangkan lele organik. Bukan hanya menjual dalam bentuk ikan segar saja, tapi juga olahan pangan. Yang sedang booming saat ini adalah cendol atau dawet lele dan juga onde-onde lele," ucap Heru, Kamis (26/4/2018).

Sebanyak 100 warga mengolah dan melakukan budidaya lele hingga mengantongi penghargaan ISO untuk kualitas produknya. UKM ini dibantu oleh dinas pemerintah daerah untuk pemesanan order. Namun hidupnya UKM ini sangat membutuhkan kestabilan pemasaran agar usaha tetap berjalan.

"Kalau bayangan kami ada branding yang kuat untuk produk makanan olahan lele ini. Kalau ibu Khofifah berhasil menjadi gubernur kami ingin UKM ini dikembangkan," tegasnya.

Khofifah pun menyambut baik apa yang sudah dilakukan warga. Bahkan mengapresiasi usaha ini lantaran dapat ISO.

"Jika biasanya ikan lele itu memiliki konotasi kurang bersih, beda lho, ikan di sini ini organik, dari cara pemberian makan dan pengolahan semua organik dan bersih," kata Khofifah.

Oleh sebab itu dirinya menekankan agar gerakan makan ikan bisa dimaksimalkan. Terutama dari data nasional angka stanting di Indonesia masih tinggi.

"Jika kita mau memperbaiki gizi ibu hamil, agar kelahiran bayi tidak 2,4 kg ke bawah, maka jangan saat hamil perbaikannya tapi justru sejak masih remaja," tegas Khofifah.

Dengan kandungan gizi ikan lele yang sangat baik untuk tubuh, maka Khofifah mendorong agar budidaya ikan lele ini lebih dimassivkan dan dikembangkan.

Kalau bisa olahan panggannya dibuat lebih kekinian agar akbrab dan dekat dengan masyarakat muda saat ini. Khofifah sempat mengusulkan agar daging ikan lele diolah menjadi fillet ikan lele.

"Sedangkan untuk pemasarann kita ingin siapkan lima informasi super koridor. Kami siapkan tempat forum bussiness meeting. Dimana ada gedungnya pemprov itu bisa dimafaatkan. Supaya produk lokal kita bisa menembus pasar Rusia, peluang luar biasa itu dan pasar Africa," kata Khofifah.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed