DetikNews
Selasa 17 April 2018, 14:02 WIB

Pembacok Tetangga di Jember Pernah Dirawat di Rumah Sakit Jiwa

Yakub Mulyono - detikNews
Pembacok Tetangga di Jember Pernah Dirawat di Rumah Sakit Jiwa Senjata yang digunakan pelaku untuk membacok tetangganya. (Foto: Yakub Mulyono)
Jember - Polisi menahan Faiz (30), warga Dusun Mandilis, Desa Sanenrejo, Kecamatan Tempurejo, terkait kasus pembacokan terhadap tetangganya, Syamsuri (66) hingga tewas.

Pelaku diketahui pernah menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) akibat mengalami gangguan kejiwaan.

"Dari keterangan saksi dan perangkat desa, tersangka ini sebelumnya pernah mengidap sakit gangguan jiwa dan pernah dirawat di Rumah Sakit Jiwa di (Lawang) Malang," kata Kapolsek Tempurejo AKP Suhartanto, Selasa (17/4/2018).

"Jadi setiap kali tersangka ini stresnya kambuh, pasti yang diancam adalah korban dan keluarganya. Bahkan beberapa waktu lalu korban sempat diancam dan dipukul," sambung Suhartanto.


Selama ini, lanjut Suhartanto, pelaku hidup sendiri di rumah. Keluarganya bekerja di luar Kabupaten Jember. Faiz juga diketahui masih melajang.

"Dalam kesehariannya, pelaku normal-normal saja. Bahkan juga sering ikut dalam kegiatan di masyarakat. Dia juga bekerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," terang Suhartanto.

Polisi berencana membawa pelaku ke psikiater untuk memastikan kondisi kejiwaannya. Dari keterangan dokter inilah dapat ditentukan apakah nantinya kasus ini bisa diteruskan atau tidak.

"Kalau dokter menyatakan pelaku ini mengalami gangguan jiwa, maka kasusnya kita hentikan. Tapi jika ternyata pelaku ini dinyatakan normal, maka kasus akan lanjut," pungkas Suhartanto.


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed