DetikNews
Rabu 11 April 2018, 13:53 WIB

Telkom Dukung UNBK di 11.000 Lebih Sekolah Area Jatim-Bali

Rahma Lillahi Sativa - detikNews
Telkom Dukung UNBK di 11.000 Lebih Sekolah Area Jatim-Bali Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Surabaya - Untuk kali ketiga, Telkom kembali dipercaya memberikan dukungan berupa jaringan internet untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang berlangsung di lebih dari 11.000 sekolah setingkat SMA/MA, SMP dan SMK se-Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara.

"Ini adalah tahun ketiga kami menyiapkan jaringan internet untuk 11.861 sekolah setingkat SMP, SMA/MA, dan SMK untuk mengikuti UNBK di wilayah Jatim, Bali dan Nusra," kata Executive Vice President Telkom Regional 5 Jatim, Bali, Nusra, Suparwiyanto dalam rilis yang diterima detikcom, Rabu (11/4/2018).

Dukungan ini, lanjut Suparwiyanto, diberikan dengan mengerahkan potensi infrastruktur jaringan akses internet, mulai dari akses satelit sampai dengan jaringan akses fiber optik.

Hingga hari terakhir pelaksanaan UNBK hari ini, Telkom pun masih terus melakukan pengawalan dan monitoring terkait kelancaran pelaksanaannya di 78 kota/kabupaten se-Jatim, Bali dan Nusa Tenggara.

"Kami telah menyiapkan posko khusus untuk UNBK ini, di mana jika terjadi gangguan, maka pihak sekolah dapat melakukan pelaporan ke hotline posko masing-masing daerah," tambah Suparwiyanto.


Tak hanya untuk UNBK, Telkom juga memberikan dukungan kepada dunia pendidikan melalui aplikasi SIAP Online serta PPDB online.

Ada pula aplikasi khusus untuk menunjang pembelajaran siswa di rumah, yang disebut aplikasi 'Ruang Guru'. Ini merupakan solusi belajar di rumah dengan konten yang lengkap, mulai dari SD, SMP dan SMA serta telah disesuaikan dengan kurikulum nasional. Penggunanya jug akan dipandu oleh tenaga pengajar yang berpengalaman.

Layanan ini sudah bisa dinikmati oleh pelanggan Indihome dan telah termasuk ke dalam salah satu menu aplikasi di UseeTV. Biaya berlangganannya sendiri hanya Rp 50.000/bulan.

"Jika sudah tersedia di UseeTV, orang tua pun bisa ikut mengawasi sekaligus mengarahkan putra-putrinya saat mempelajari konten-konten yang ada di dalamnya. Ini bedanya jika diakses melalui gadget yang hanya bisa diakses secara personal," tambah Suparwiyanto.

Tak hanya itu, aplikasi Ruang Guru juga dapat diperoleh melalui Playstore/AppStore yang ada di ponsel pintar.


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed