detikNews
Kamis 05 April 2018, 23:45 WIB

Polisi Tembak Mati Garong Rumah Kosong

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Polisi Tembak Mati Garong Rumah Kosong Polisi tembak mati garong rumah kosong (Foto: Deni Prastyo Utomo)
Surabaya - Polisi menembak mati seorang pelaku kejahatan. Sekarang bandit jalanan tersebut terbujur kaku di kamar mayat RSU dr Soetomo dengan bekas peluru di dada kiri.

Bandit itu adalah Mulyadi. Mulyadi yang merupakan warga Jalan Tanjung Putra Yudha, Kelurahan Tanjungrejo, Malang merupakan spesialis pembobol rumah kosong dan brankas di banyak lokasi kejahatan. Petualangannya kini berakhir di kamar mayat

"Pelaku melakukan perlawanan di saat hendak ditangkap. Setelah diperingatkan sesuai ketentuan, pelaku dilumpuhkan," ujar Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan kepada wartawan di kamar mayat RSU dr Soetomo, Kamis (5/4/2018).


Rudi mengatakan Mulyadi selalu mengincar rumah-rumah kosong yang ditinggalkan penghuninya di saat liburan. Mulyadi tidak sendiri, dia selalu melancarkan aksinya bersama komplotannya.

"Ada 8 laporan kejadian yang sudah dilakukan pelaku di Surabaya. Kebanyakan aksi kejahatan pelaku dilakukan saat weekend bersama komplotannya," kata Rudi.

Rudi menambahkan bahwa sudah ada lima pelaku lain yang merupakan komplotan Mulyadi yang sudah diamankan. Mereka diamankan di Jakarta, Jateng, dan Surabaya. Mulyadi sendiri diamankan di kawasan Tambak Oso Wilangon.


Namun saat diamankan, Mulyadi berusaha melawan menggunakan parang sehingga polisi bertindak tegas. Peluru pun ditembakkan yang mengakhiri nyawanya.

"Komplotan ini sudah kami incar lama, sudah menjadi DPO dengan kejahatan yang dilakukan di Surabaya. Saat beraksi, kelompok ini tak segan melukai korbannya," tandas Rudi.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com