detikNews
Kamis 15 Maret 2018, 12:27 WIB

Banjir Surut, Warga Bojonegoro Mulai Bersih-bersih Rumah

Ainur Rofiq - detikNews
Banjir Surut, Warga Bojonegoro Mulai Bersih-bersih Rumah Foto: Ainur Rofiq
Bojonegoro - Banjir yang diakibatkan oleh meluapnya Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro telah surut, warga yang berada di pengungsian pun kembali ke kediaman masing-masing.

Dari pantauan detikcom, setibanya di rumah, warga sibuk menata dan membersihkan bagian dalam maupun halaman rumah mereka dari kotoran dan lumpur yang tersisa.

Salah satunya Nurhayati (45), warga Ledok Wetan Kecamatan Bojonegoro, yang mengaku harus membersihkan lantai, dinding serta perabotan rumah lainnya karena tak sempat diamankan saat banjir datang.


Dengan dibantu anak-anaknya, mereka juga sibuk membersihkan sisa lumpur yang masih menempel di lantai dengan air bersih menggunakan sapu lidi dan kain pel.

"Ditinggal dua hari ngungsi jadi baru dibersihkan sisa lumpurnya. Semoga tidak ada banjir lagi," ujar Nurhayati, Kamis (15/3/2018).
Banjir Surut, Warga Bojonegoro Mulai Bersih-bersih RumahFoto: Ainur Rofiq

Sementara itu, banjir dilaporkan masih menggenangi ruas jalan desa di wilayah Kecamatan Kanor, di antaranya jalan antardesa Gedongarum-Temu dan jalan antardesa Kedungprimpen-Temu-Kanor.

Sedangkan di Kecamatan Baureno, banjir juga masih mengenangi jalan Desa Pomahan, Lebaksari dan Tagungan dengan tinggi genangan air rata rata sekitar 10-40 cm.

BPBD Bojonegoro terus melakukan koordinasi dengan para kepala desa serta melakukan pengiriman logistik di pemukiman, terutama di wilayah yang masih tergenang agar warga dapat bertahan hidup di tengah banjir dengan membuat dapur komunitas.

Meski sebagian banjir telah surut, tim SAR gabungan dari Kodim 0813, Polres Bojonegoro, BPBD, Tagana, Dokpol RS Wahyu Tetuko, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial masih siaga di posko banjir karena masih banyak warga yang ingin mendapatkan bantuan kesehatan seperti cek darah, tekanan darah serta obat obatan.
Banjir Surut, Warga Bojonegoro Mulai Bersih-bersih RumahFoto: Ainur Rofiq

(lll/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com