DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 10:57 WIB

Banjir di 9 Desa Pasuruan Surut, Warga Kesulitan Bersihkan Lumpur

Muhajir Arifin - detikNews
Banjir di 9 Desa Pasuruan Surut, Warga Kesulitan Bersihkan Lumpur Banjir di Pasuruan landa 9 desa/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - 9 Desa di 3 kecamatan di Kabupaten Pasuruan diterjang banjir. Banjir disebabkan meluapnya Sungai Kronto dan Ranu Grati.

9 Desa tersebut antara lain Desa Jetis, Desa Prodo, Desa Winongan Lor, Desa Winongan Kidul, Desa Bandaran di Kecamatan Winongan. Di lokasi ini, ketinggian air rata-rata 10-30 cm dan dominan di jalan.

Sementara di Desa Toyaning dan Desa Patuguran, Kecamatan Rejoso, ketinggiann air mencapai 20-40 cm. Kondisi lebih parah terpantau di Desa Kedawung Wetan dan Kedawung Kulon, Kecamatan Grati. Di dua desa ini banjir mencapai 70 cm.

"Saat ini di sejumlah lokasi mulai surut," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana, Rabu (14/3/2018).

Meski mulai surut, warga harus berusaha menyingkirkan lumpur yang terbawa banjir. Di Desa Kedawung Wetan dan Kedawung Lor, misalnya, lumpur tebal mengendap di halaman dan lantai rumah-rumah dan jalan.

Selain itu warga juga masih waspada sungai akan meluap lagi karena debitnya masih tinggi. "Kalau hujan lagi, bisa meluap lagi," kata Abdul Rozak, seorang warga.

Banjir yang menggenang Jalan Raya Winongan juga menghambat lalu-lintas. Banyak pengendara motor yang tak berani menerobos banjir, terpaksa berhenti.

"Airnya masih tinggi, kalau menerobos kuatir mogok," ujar Khoirul, seorang pelajar yang hendak menuju sekolah.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed