DetikNews
Jumat 23 Februari 2018, 18:19 WIB

Siaga Merah, Warga Korban Banjir di Bojonegoro Mulai Mengungsi

Ainur Rofiq - detikNews
Siaga Merah, Warga Korban Banjir di Bojonegoro Mulai Mengungsi Polisi mengevakusi seorang nenek yang terjebak banjir/Foto: Ainur Rofiq
Bojonegoro - Ratusan warga Bojonegoro yang menjadi korban banjir mulai meninggalkan rumahnya. Untuk sementara, mereka mengungsi di Gedung Serbaguna, yang tidak jauh dari lokasi banjir.

232 Pengungsi ini merupakan warga Desa Ledok Kulon dan Ledok Wetan, Kecamatan Kota. Rumah mereka saat ini sudah terendam air dengan ketinggian sekitar 50 Cm hingga 1 meter.

Dari pengamatan detikcom, Jumat (23/2/2018) sore, sebagian warga yang mengungsi hanya membawa beberapa barang yang benar-benar diperlukan. Seperti, kasur, selimut dan baju.

Sedangkan barang-barang berharga seperti lemari es, televisi serta perabotan rumah tangga lainnya dibiarkan tertinggal, namun tetap aman dari banjir.

Sementara, anggota Polres Bojonegoro, Kodim 0183 dan Tim Sar BPBD Bojonegoro dengan cepat membantu warga dalam proses evakuasi.

Korban Banjir Mengungsi ke Gedung Serba Guna/Foto: Ainur Rofiq
Dengan menggunakan perahu boat dan perahu kano, beberapa warga yang sudah terjebak banjir di dalam rumah berhasil dievakuasi oleh petugas gabungan.

" Kita tadi turun ke lokasi banjir bersama pak Bupati dan Pak Dandim supaya warga berkenan dievakuasi, karena air banjir semakin tinggi. kita evakuasi dengan perahu kalau ada yang sudah tua atau sakit" tegas Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro.

Sebagai bentuk kemanusiaan jelas AKBP Bintoro, Kapolda Jatim Irjen Mahfud Arifin telah mengirim tiga truk bantuan pasokan sembako ke BPBD Bojonegoro. Sembako ini nantinya didistribusikan ke warga korban banjir.

Kondisi Banjir Bengawan Solo hingga saat ini memasuki siaga Merah atau siaga 3, dengan ketinggian air 14.98 pielschal.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed