DetikNews
Jumat 23 Februari 2018, 08:38 WIB

Tiap Pagi Pelajar Ngawi Bertaruh Nyawa Bergelantungan di Pintu Bus

Sugeng Harianto - detikNews
Tiap Pagi Pelajar Ngawi Bertaruh Nyawa Bergelantungan di Pintu Bus Foto: Sugeng Harianto
Ngawi - Pemandangan miris ditemukan di Ngawi, Jawa Timur. Untuk menuntut ilmu, sebagian pelajar harus bertaruh nyawa dengan bergelantungan di pintu bus umum. Ironisnya, pemandangan tersebut terlihat setiap hari.

Dari hasil pengamatan detikcom, tiap pagi bus-bus mini berwarna biru berseliweran mengangkut para pelajar. Namun sayangnya pelajar-pelajar ini berdesakan di dalam bus hingga beberapa di antaranya harus keluar dari bahu bus.

Kendati demikian, bukannya takut, justru terlihat raut kegembiraan di wajah pelajar-pelajar tersebut.

"Setiap hari berangkat dan pulang sekolah mereka bergelantungan. Mungkin karena takut terlambat kalau naik bus berikutnya nunggu lama," jelas Suprapto (40), warga Desa Paron kepada detikcom, Jumat (23/2/2018).
Tiap Pagi Pelajar Ngawi Bertaruh Nyawa Bergelantungan di Pintu BusFoto: Sugeng Harianto

Suprapto menambahkan, oleh warga setempat, bus-bus mini itu disebut dengan istilah 'Andis'. Penumpangnya kebanyakan adalah para pedagang pasar dan pelajar yang rumahnya jauh namun rata-rata bersekolah atau berkegiatan di wilayah Ngawi kota.

"Biasanya pedagang pasar yang naik bus mini itu. Juga anak sekolah yang rumahnya jauh daerah gunung," tuturnya.

Sementara itu Kasatlantas Polres Ngawi AKP Rukimin mengaku belum mendapat laporan tentang fenomena pelajar yang bergelantungan di pintu bus.

Namun pihaknya akan berkoordinasi dengan seluruh Kapolsek untuk mensosialisasikan kepada pihak sekolah dan manajemen bus tentang pentingnya keselamatan penumpang saat berkendara dengan moda transportasi umum.

"Kita belum mendapat laporan soal pelajar yang bergelantungan dalan angkutan umum. Secepatnya kita telah koordinasi dengan seluruh Kapolsek untuk sosialisasi mengenai keselamatan penumpang di kendaraan umum," jelas Rukimin saat dihubungi terpisah.


(lll/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed