DetikNews
Senin 19 Februari 2018, 10:29 WIB

Usai Pesta Miras, Pemuda di Lumajang Ditemukan Mengambang di Sungai

Yakub Mulyono - detikNews
Usai Pesta Miras, Pemuda di Lumajang Ditemukan Mengambang di Sungai Posisi di mana mayat Muhammad Saiful Rizal ditemukan. (Foto: Yakub Mulyono)
Lumajang - Usai pesta miras bersama teman-temannya, Muhamad Saiful Rizal (19) ditemukan tewas mengambang di tepi sungai Kali Mujur, Dusun Parasgoang, Desa Pandanarum, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang. Korban diduga terpeleset dan jatuh ke sungai karena kondisinya berada dalam pengaruh alkohol.

"Korban ditemukan salah satu warga yang hendak mencari kayu dan pasir, lalu dilaporkan ke perangkat desa setempat dilanjutkan ke Polsek Tempeh," kata Kanit Reskrim Polsek Tempeh Aiptu Hendri Harimurti, saat dihubungi detikcom, Senin (19/2/2018).

Hendri menjelaskan, sebelum ditemukan tewas, korban bersama empat temannya pesta minuman beralkohol alias miras di selatan sungai Kali Mujur. Saat pesta miras berlangsung, tiba-tiba hujan turun. Korban bersama teman-temannya pindah tempat ke bangunan kosong di sebelah utara sungai. Tak lama kemudian, ada segerombolan pemuda datang ke lokasi yang sama juga hendak pesta miras.

"Kedua kelompok pemuda itu pesta miras di lokasi yang sama. Cuma beda tempat tapi berdekatan," terang Hendri.

Tak lama berselang, kelompok pemuda yang baru datang itu ribut. Tak mau kena imbasnya, korban bersama teman-temannya menjauh. Korban yang kondisinya sedang sangat mabuk, kemudian dimandikan salah seorang temannya di anak sungai Kali Mujur agar korban segera sadar.

Usai dimandikan, korban yang merupakan warga Dusun Mujur II, Desa Lempeni, Kecamatan Tempeh, Lumajang itu diajak pulang.

Namun korban menolak dan meminta dijemput menggunakan motor yang diparkir tak jauh dari lokasi. Teman korban lalu mengambil sepeda motor tersebut. "Tiga menit kemudian, teman korban datang dan mendapati korban sudah tidak ada di tempat," lanjut Hendri.

Hal ini disampaikan ke teman-teman korban yang lain. Mereka lalu bersama-sama melakukan pencarian di pinggiran sungai. Tapi upaya itu tak membuahkan hasil. Karena putus asa, mereka memutuskan pulang dan memberitahukan hal itu ke warga.
Usai Pesta Miras, Pemuda di Lumajang Ditemukan Mengambang di SungaiFoto: Yakub Mulyono

Oleh warga yang mengetahui kejadian itu, kejadian ini dilaporkan ke Polsek Tempeh. Polisi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang kemudian melakukan pencarian. Dalam upaya melakukan pencarian itu, petugas mendapat informasi dari seorang pencari kayu bakar yang kabarnya menemukan sesok mayat mengambang di aliran sungai Kali Mujur.

"Setelah dikroscek, ternyata mayat itu adalah Saiful Rizal yang dicari itu," jelas Hendri.

Untuk memastikan penyebab kematian korban, usai proses olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), polisi membawa mayat korban ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Haryoto Lumajang untuk diotopsi. "Korban meninggal dunia karena pada paru-paru korban sebelah kiri dan kanan terdapat gelembung udara, air, kotoran atau pasir dan eritrosit," ungkap Hendri.


(lll/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed