DetikNews
Minggu 18 Februari 2018, 14:19 WIB

Bendera PKS dan PDIP Berbaur di Deklarasi Kampanye Damai Pilgub Jatim

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Bendera PKS dan PDIP Berbaur di Deklarasi Kampanye Damai Pilgub Jatim Foto: Istimewa
Surabaya - Kampanye damai Pilkada Jawa Timur 2018 diwarnai pemandangan yang menarik. PDIP dan PKS yang biasanya berbeda posisi, kali ini terlihat berbaur.

Di kawasan Maspion Square, massa kedua partai politik itu terlihat berbaur. Kedua parpol bersama PKB dan Gerindra, mengusung Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno, nomor urut 2.

"Ini benar-benar kampanye yang menggembirakan rakyat," kata Gus Ipul, Minggu (18/2/2018).

"Betul Gus, semua berbaur, semua saling bekerja sama. Gotong-royong. Seperti semangat kita: Kabeh Sedulur, Kabeh Makmur," timpal Puti.

Sejak pagi telah bermunculan foto-foto yang menunjukkan berbaurnya PKB, PDIP, PKS dan Gerindra. Anggota DPRD Kota Surabaya, Reni Astuti, dari PKS, terlihat foto bersama dengan Puti.

Di Posko Pemenangan Gus Ipul-Puti di kawasan Gayungsari, tempat berkumpulnya pendukung Gus Ipul dan Puti, massa seluruh partai koalisi datang berduyun-duyun. Di antaranya ada yang membawa kereta kelinci.


Deklarasi kampanye damai Pilgub Jatim/Deklarasi kampanye damai Pilgub Jatim/ Foto: Istimewa


Saat berangkat menuju lokasi kampanye damai, terlihat kereta kelinci kader PDIP itu juga ditumpangi sejumlah kader PKS, sambil membawa bendera partainya.

Ada pula kader PDIP yang berboncengan sepeda motor sambil membawa bendera PKS. Pemandangan itu mengundang banyak celetukan. "Rupanya Gus Ipul dan Mbak Puti bisa menyatukan massa antar-parpol," ujar kata Ahmad Syafii, salah seorang simpatisan PKS.

Massa PKB juga tidak kalah atraktif. Begitu pula ibu-ibu di parpol tersebut membawakan Nasyid dan Qasidah. Gerindra juga menurunkan massa pendukungnya untuk mengawal Gus Ipul-Puti.

Massa juga kompak menyanyikan lagu jungle 'Kabeh Sedulur, Kabeh Makmur' yang menjadi moto Gus Ipul-Puti.

"Pada kampanye ini, kami menyatukan seluruh unsur dan kekuatan yang mendukung Gus Ipul dan Khofifah," kata Hikmah Bafaqih, Ketua Tim Kampanye dari PKB.

"Mohon doa restu rakyat Jawa Timur untuk perjuangan Gus Ipul-Mbak Puti," kata Kusnadi, Ketua DPD PDIP Jawa Timur.

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed