DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 17:31 WIB

Pilgub Jatim 2018

Dua Paslon Cagub-Cawagub Jatim Ikrar Kesepakatan Damai

Rois Jajeli - detikNews
Dua Paslon Cagub-Cawagub Jatim Ikrar Kesepakatan Damai Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Polda Jatim menggelar Ikrar kesepakatan damai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Ikrar tersebut dibacakan di sela acara simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

Pembacaan ikrar tersebut dipimpin oleh Ketua KPU Jawa Timur Eko Sasmito di lapangan markas Kodam V/Brawijaya, Rabu (14/2/2018).

"Ikrar Kesepakatan Damai Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Tahun 2018," kata Eko Sasmito saat memimpin pembacaaan ikrar.

Pada hari ini Rabu, tanggal Empat Belas Bulan Februari Tahun Dua Ribu Delapan Belas, Kami pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur, Berikrar:

1. Siap mengikuti Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 secara jujur, adil, santun dan bermartabat.

2. Siap bekerjasama dengan penyelenggara dan pengawas pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Jawa Timur, untuk tidak mengangkat isu-isu yang berbau Sara.

3. Bersama aparat Polri dan TNI siap untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, aman dan damai.

4. Serta dapat mengendalikan massa pendukungnya masing-masing, dan mendukung sepenuhnya tindakan tegas aparat hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

5. Siap menerima hasil pleno penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

6. Siap untuk dipiluh dan tidak terpilih dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Jawa Timur, serta siap mendukung gubernur dan wakil gubernur Provinsi Jawa Timur terpilih, melalui proses pemilihan yang demokratis, transparan dan bermartabat.

Demikian ikrar kesepakatan damai ini kami buat dengan kesadaran dan penuh rasa tanggungjawab, serta tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Ikrar tersebut dibaca oleh Ketua Bawaslu, dan diikuti oleh kedua pasangan calon serta masing-masing ketua dan sekretaris tim pemenangannya.

Lembaran Ikrar tersebut ditandatangani oleh kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, serta ketua dan sekretaris tim pemenangannya, M Roziqi dan Renville Antonio. Serta paslon gubernur dan wakil gubernur Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno dengan ketua dan sekretaris tim pemenangannya Hikmah Bafaqih dan Sri Untari Bisowarno.

Kemudian, Gubernur Jatim Soekarwo, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, perwakilan dari Kajati Jatim, Kepala Pengadilan Tinggi Jatim Abdul Kadir, Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar, Ketua KPU Jatim Eko Sasmito serta perwakilan dari Bawaslu Jatim, ikut menandatangani ikrar tersebut sebagai saksi.
(roi/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed