DetikNews
Selasa 13 Februari 2018, 10:53 WIB

Ratusan Personel Disiagakan untuk Pengundian Nomor Pilgub Jatim

Zaenal Effendi - detikNews
Ratusan Personel Disiagakan untuk Pengundian Nomor Pilgub Jatim Proses penetapan paslon (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Ratusan personel sudah disiapkan untuk pengamanan pengambilan nomor urut dua pasangan Cagub-Cawagub Jatim di Hotel Mercure Mirama Surabaya. Polisi juga sudah menyiapkan lokasi bagi kedua pendukung di luar hotel agar tidak terjadi gesekan.

"Kami siapkan sekitar 200-300 personel untuk pengambilan nomor urut pasangan calon Gubernur dan calon wakil Gubernur Jatim," kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan kepada detikcom, Selasa (13/2/2018).

Selain pengamanan, pihaknya juga sudah menyiapkan pola pengaturan pintu masuk dan keluar hotel. "Semua pintu hotel di Jalan Raya Darmo kami gunakan sebagai pintu masuk sedangkan pintu keluar kami gunakan satu pintu di bagian belakang hotel," ungkapnya.

Mantan Dirreskrimsus Polda Sumatera Selatan ini juga sudah menyiapkan lokasi bagi kedua pasangan calon yang tidak bisa masuk ke lokasi pengundian nomor urut yang hanya dibatasi 75 orang.

Rudi juga memastikan pihaknya tidak akan melakukan penutupan jalan selama proses pengundian nomor urut meski kedua pasangan calon akan membawa ratusan pendukung.

Informasi yang dihimpun detikcom, pasangan Khofifah-Emil akan diarak ribuan orang dengan berjalan dari posko pemenangan Jalan Progo. Sedangkan pasangan Saifullah Yusuf-Puti GUnttur Soekarno akan berkonvoi dari posko pemenangan PKS di Jalan Gayungan Barat.

"Akan tetap kami buka dan tidak ada penutupan. Mungkin situasional," ujar Rudi.

Sementara Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan pengamanan pengundian nomor urut paslon Cagub-Cawagub dinilai potensi ancamannya lebih kecil.

"Ancaman kan kurang tetapi tetap kami lakukan pengamanan dengan mengerahkan lebih banyak anggota yang tertutup dibandingkan dengan anggota berpakaian terbuka. InsyaAllah aman dan kondusif," kata Barung.
(ze/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed