DetikNews
Selasa 23 Januari 2018, 10:41 WIB

Peristiwa

Hujan Deras, Banjir Lumpur Terjang Sebagian Wilayah Ponorogo

Charolin Pebrianti - detikNews
Hujan Deras, Banjir Lumpur Terjang Sebagian Wilayah Ponorogo Banjir di Ponorogo/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Hujan deras mengguyur Ponorogo sejak semalam membuat sejumlah kawasan terendam banjir. Seperti yang terjadi di Desa Sumoroto, Kecamatan Kauman, Ponorogo. Hingga pukul 04.00 WIB, Selasa (23/1/2018) banjir terjadi hingga setinggi satu meter.

Beruntung banjir setinggi 1 meter itu surut, meski masih menggenangi jalan raya penghubung antar Kecamatan Kauman dan Kecamatan Sampung, setinggi 20 cm.

Salah satu warga, Kanimin mengatakan banjir datang semalam, Senin (22/1) usai Sungai Bengawan Solo meluap. Akibat kejadian ini setidaknya ada 20 rumah yang terendam.

"Karena hujan yang terlalu deras, sungai tidak kuat menampung akhirnya meluap," tuturnya kepada detikcom di lokasi.

Ia menuturkan banjir datang tiba-tiba. Meski panik dia sudah menyelamatkan keluarganya. "Semalam awalnya cuma setinggi 50 cm, puncaknya subuh tadi hingga satu meter," jelasnya.

Beruntung semakin siang, banjir mulai surut. Meski saat ini masih menggenangi jalan raya, namun tidak sampai masuk ke dalam rumah. "Ini sudah surut yang di dalam rumah, tinggal yang di jalan belum surut," terangnya.

Ia pun mengeluhkan bersih-bersih pasca banjir. Pasalnya banjir semalam membawa lumpur lumayan tebal. "Tinggal bersih-bersihnya ini yang susah, karena banyak lumpur," ujarnya.

Sementara itu Wakapolsek Kauman, AKP Edi Suyono mengaku pihaknya berjaga di sekitar lokasi banjir di Desa Sumoroto, demi mengatur lalu lintas.

"Kami berjaga mengimbau sejumlah pengendara untuk mengurangi laju kecepatan guna mengantisipasi kendaraan yang mogok," paparnya.

Bahkan beberapa polisi dan TNI terlihat membantu warga untuk bersih-bersih rumah. "Lumpurnya lumayan banyak, jadi kami bantu bersih-bersih," ucapnya.

Pantauan detikcom di lapangan sejumlah pelajar terlihat membolos akibat seragam dan perlengkapan sekolah mereka terendam banjir. "Beberapa siswa bolos, karena rumahnya kebanjiran," pungkasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed