DetikNews
Minggu 21 Januari 2018, 13:19 WIB

Pilgub Jatim 2018

Puti Safari ke Jombang, Temui Gus Solah dan Ziarah Makam Gus Dur

Enggran Eko Budianto - detikNews
Puti Safari ke Jombang, Temui Gus Solah dan Ziarah Makam Gus Dur Puti berziarah ke Makam Gus Dur (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang - Calon wakil Gubernur Jatim Puti Guntur Soekarno mengunjungi Pengasuh Ponpes Tebuireng, Jombang KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah. Cucu Presiden Soekarno ini juga berziarah ke makam ulama pendiri NU.

Didampingi anggota DPR RI Sadarestuwati, Puti tiba di Ponpes Tebuireng, Jalan Irian Jaya, Desa Cukir, Diwek sekitar pukul 09.30 WIB. Keduanya langsung menuju ke kediaman Gus Solah persis di sebelah kanan masjid pesantren ini.

Pertemuan antara Puti dengan adik kandung Presiden ke empat RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini berlangsung tertutup. Sebelum itu, Puti sempat menghadiri acara deklarasi pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Jombang Syafiin-Choirul Anam di Alun-alun Jombang.

Kunjungan Puti ke rumah Gus Solah terbilang cukup mengejutkan. Pasalnya, selama ini Gus Solah menjadi salah satu ulama yang getol mendukung pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2018.

Sementara Puti maju dengan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. Disinggung tujuannya menemui Gus Solah, Puti menepis adanya misi meminta dukungan untuk pencalonannya di Pilgub Jatim.

"Tidak, tadi kami bicara sangat kekeluargaan. Bicara bagaimana dulu beliau dengan bapak saya di ITB. Yang membuat saya bahagia, saya dan Gus Solah satu almamater di SMA 1 Budi Utomo, tentunya beliau jauh di atas saya," kata Puti kepada wartawan di lokasi, Minggu (21/1/2018).

Puti nyekar ke Makam Gus DurPuti nyekar ke Makam Gus Dur (Foto: Enggran Eko Budianto)

Puti menuturkan, kunjungannya ke Gus Solah juga atas perintah dari ayahnya, Guntur Soekarno Putra. Menurut dia, Gus Solah merupakan teman baik ayahnya saat menempuh pendidikan di ITB.

"Bapak di mobil mengingatkan kalau ketemu Gus Solah supaya bilang solidaritas ITB. Sebagai anak muda saya sowan ke sesepuh, ternyata beliau teman baik ayah saya," ujarnya.

Dari kediaman Gus Solah, Puti menyempatkan diri berziarah ke makam keluarga Gus Dur yang berada di belakang masjid pesantren Tebuireng. Puti nampak khusuk berdoa dengan balutan busana putih dan kerudung merah.

"Ini saya sekalian nyekar juga. Bagaimana pun ada memori sejarah, KH Hasyim As'ari, KH Wahid Hasyim, Mbah Wahab, Gus Dur itu semua energi untuk persatuan kebangsaan," terangnya.

Menurut Puti, Soekarno mempunyai hubungan yang sangat baik dengan para ulama tersebut. Selama memimpin Indonesia, Presiden pertama RI itu juga kerap meminta saran dari KH Hasyim Asy'ari. Salah satunya hukum membela negara yang berujung pada keluarnya resolusi jihad dari KH Hasyim Asy'ari.

"Ini salah satu contoh hubungan Nahdlatul Ulama dengan kaum nasionalis sudah terjalin. Indonesia ada dari kerjasama semua kelompok kebangsaan," tandasnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed