Begini Cara Ibu di Jombang Habisi 3 Buah Hatinya Sebelum Bunuh Diri

Enggran Eko Budianto - detikNews
Rabu, 17 Jan 2018 13:19 WIB
Jenazah anak korban di RSUD Jombang/Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang - Evy Suliastin Agustin (26) ditetapkan sebagai tersangka terkait tewasnya ketiga buah hatinya. Sebelum mencoba bunuh diri, perempuan asal Dusun Karobelah 3, Desa Karobelah, Mojoagung, Jombang, ini lebih dulu membunuh ketiga anaknya dengan cara sadis. Begini kronologinya.

Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto mengatakan, perbuatan itu dilakukan Evy di rumah ibunya yang juga menjadi tempat tinggal Evy sejak berpisah rumah dengan suaminya, yakni di Dusun Karobelah 3, Desa Karobelah pada Senin (15/1) sekitar pukul 21.00 WIB.

Rumah tersebut ditinggali Evy bersama 3 anaknya, adik kandung Evy Nurus Shobikhah (20) dan ibu Evy Lismiati (60). Namun saat kejadian, adik dan ibu Evy sedang tidak ada di rumah. Sehingga perempuan berhijab ini leluasa menjalankan aksinya tanpa seorang pun yang mencegah.

"Untuk pembunuhan itu, dia (Evy) membawa masuk ketiga anaknya ke kamar mandi," kata Agung kepada wartawan di kantornya, Jalan Wahid Hasyim, Rabu (17/1/2018).

Menurut Agung, saat di dalam kamar mandi, Evy pertama kali menghabisi nyawa anak bungsunya, Umi Fauziah. Bayi yang baru berusia 4 bulan itu ditenggelamkan tersangka ke dalam bak mandi hingga tewas.

"Ini juga cocok dengan pemeriksaan medis dan pemeriksaan di lapangan, satu-satunya korban yang tidak mengeluarkan buih di mulutnya adalah si kecil ini," ungkapnya.

Sementara anak pertama dan ke dua, yakni Sayid Mohammad Syaiful Alfaqih (6) dan Bara Viadinanda Umi Ayu Qurani (4), menurut Agung, dibunuh Evy dengan cara dicekoki obat nyamuk cair. Oleh sebab itu, kedua korban ditemukan tewas dengan mulut mengeluarkan buih layaknya orang keracunan.

"Kemudian terakhir ibu itu (Evy bunuh diri) menenggak obat anti serangga tersebut," terangnya.

Perbuatan Evy baru diketahui sekitar pukul 22.00 WIB. Orang yang pertama kali menemukan para korban adalah adik kandung Evy Nurus Shobikhah dan santri dari suami Evy Sholikul Hadi Sholeh (25). Saat itu Hadi datang ke rumah korban atas perintah suami Evy berinisial F (55) untuk mengantar makanan.

Kedua saksi menemukan Evy dan ketiga anaknya di dalam kamar mandi rumah. Ketiga anak tersangka ditemukan sudah tak bernyawa, sedangkan tersangka dalam kondisi kritis.

Saat ini Evy menjalani perawatan di RSUD Jombang. Polisi masih mendalami penyebab ibu tiga anak ini nekat berupaya bunuh diri dengan mengajak anak-anaknya. Dugaan sementara, Evy mengalami depresi setelah 3 tahun tak dinafkahi suaminya. (fat/fat)