DetikNews
Sabtu 13 Januari 2018, 12:49 WIB

Pilgub Jatim 2018, Jumlah TPS di KPU Ponorogo Ditambah

Charolin Pebrianti - detikNews
Pilgub Jatim 2018, Jumlah TPS di KPU Ponorogo Ditambah Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - KPU Ponorogo menambah jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilgub Jatim 2018 mendatang. Padahal, di beberapa daerah di Jatim jumlah TPS dikurangi. Seperti KPU Blitar, jumlah TPS berkurang sebanyak 416 lokasi.

Ketua KPUD Ponorogo, Ikhwanudin Alfianto membenarkan jumlah TPS di Ponorogo ditambah. "Kalau acuannya TPS Pilkada terakhir 2015, maka TPS kita direncanakan ditambah, bukan dikurangi," tuturnya saat dihubungi detikcom, Sabtu (13/1/2018).

Menurut data dari KPUD Ponorogo, jumlah TPS saat Pilkada 2015 sejumlah 1.721, namun melihat TPS untuk Pilgub 2018 ini bertambah menjadi 1.730 TPS. "Melihat perkembangan sampai kemarin (Jumat 12/1) sore, ditambah 9 TPS," jelasnya.

Ia menambahkan penambahan jumlah TPS ini melihat karena adanya pertambahan jumlah penduduk, aspek geografis, waktu tempuh pemilih ke TPS. "Ya, intinya bagaimana mendekatkan lokasi TPS dengan pemilihnya," terangnya.

Penambahan jumlah TPS ini, lanjut dia, dipilih di kawasan pegunungan. "Seperti Kecamatan Badegan, Slahung dan Paju," paparnya.

Meski jumlah pemilih per TPS di wilayah kota lebih banyak dari wilayah pegunungan, namun kondisi geografis yang sulit dilakukan penambahan jumlah TPS.

"Yang penting tidak melanggar ketentuan, misal maksimal jumlah pemilih 800 per TPS," imbuhnya.

Ditanya terkait pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), namun masih bekerja di luar negeri, Ikhwanudin mengaku tetap memasukkan ke dalam pendataan. "Kan kita tidak tahu, misalnya ada yang pas pulang pas Pilgub kan bisa langsung ikut nyoblos," pungkasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed