DetikNews
Rabu 27 Desember 2017, 16:49 WIB

Ini Upaya Kadin Maju dan Kembangkan UMKM di Kediri

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Ini Upaya Kadin Maju dan Kembangkan UMKM di Kediri Kadin Award 2017 (Foto: Andhika Dwi Saputra)
Kota Kediri - Tercatat ada 5.600 UMKM di Kediri. Namun dari banyaknya UMKM tersebut, hanya 1.000 UMKM yang lebih maju dan dalam binaan Kadin Kota Kediri. Selebihnya enggan diajak maju dan berkembang.

Untuk menyadarkan UMKM yang enggan diajak maju dan berkembang itu, Kadin Kota Kediri menggelar Kadin Award 2017. Gelaran ini ditujukan untuk UMKM rintisan sekaligus merangsang UMKM lainnya untuk mengembangkan usahanya.

"Bagaimana ya, dari 5.600 UMKM yang terdata, hanya 1.000 yang jadi binaan Kadin. Sisanya terkendala masalah modal dan keinginan UMKM sendiri yang malas dan repot mengurus izin legal usahanya," ucap Wakil Kadin Kota Kediri, Setiyo Had kepada detikcom usai memberikan penghargaan terhadap pengusaha UMKM muda dalam acara Kadin Award 2017 di Hotel Grand Surya di Jalan Dhoho Kota Kediri, Rabu (27/12/2017).

Untuk masalah permodalan, kata Setiyo, Kadin sudah bekerjasama dengan sejumlah pemilik modal dan perbankan yang memiliki perhatian mengembangkan UMKM.

"Kami paham modal masih menjadi masalah utama, untuk itulah Kadin selaku pembina juga telah melakukan serangkaian sosialisasi terhadap UMKM dan pemilik modal untuk bertemu dan saling membantu terkait masalah modal," imbuh pria yang akrab disapa Tiyok ini.

Senada dengan Tiyok, Bagas (21) pemilik UMKM usaha makananan kripik jamur yang berhasil meraih juara 1 Kadin Award 2017, mengaku memang bagi para UMKM rintisan, modal menjadi masalah utama. Namun mengatasi hal tersebut dirinya menggunakan strategi penjualan online dengan internet, sehingga pembelian melalui pemesanan dan pembayaran lebih dulu, lalu selanjutnya kripik jamur olahannya baru dibuat dan dipasarkan.

"Ya kalau untuk mengantisipasi masalah modal, saya awal menjual 2 Tahun lalu menggunakan sistem online, sehingga pesan dan bayar dulu, baru saya olah dan buat. Jadi modal sekalian dari pembelian," ucap Bagas.

Berdasar pengamatan detikcom di lokasi, Kadin Kota Kediri juga memberikan penghargaan terhadap Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar sebagai bapak UMKM Kota Kediri karena peran sertanya yang cukup giat menghidupkan UMKM.

Tak hanya wali kota, pihak Bank Indonesia, Universitas swasta, dan penggiat UMKM juga mendapat penghargaan dari Kadin Award, yang baru pertama kali digelar di Kota Kediri.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed