DetikNews
Senin 20 November 2017, 11:01 WIB

Dapat Puisi dan Dukungan Bu Nyai, Gus Ipul: Vitamin Luar Biasa

Rois Jajeli - detikNews
Dapat Puisi dan Dukungan Bu Nyai, Gus Ipul: Vitamin Luar Biasa Foto: Istimewa
Surabaya - Lebih dari 4.000 bu nyai pengasuh pesantren, mubalighah, tokoh penggerak dan aktivis perempuan NU se-kawasan Tapal Kuda menyatakan ikrar dukungan kepada calon gubernur dan wakil gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Abdullah Azwar Anas, Minggu (19/11). Tak hanya membacakan ikrar dukungan, istri dari para kiai tersebut juga membacakan puisi berjudul 'Pemimpin Zaman Now' untuk Gus Ipul.

Bagaimana tanggapan Gus Ipul?

"Pertama, tentu terima kasih, mator sakalangkong, matur sembah nuwun. Untuk semua ibu-ibu nyai yang memberi restu, i love you," kata Gus Ipul sedikit berpantun kepada detikcom, Senin (20/11/2017).

"Kedua, ini jadi vitamin yang luar biasa bagi kami untuk menyongsong Pilgub Jatim. Kami merasakan gelombang dukungan yang makin rapat dan solid, Insya Allah berkah dan membawa kita semua dalam kerja bersama mewujudkan masyarakat Jatim yang adil, yang sejahtera, yang ramah bagi semua perbedaan karena kita semua seduluran," imbuh Gus Ipul yang kini menjabat sebagai wakil gubernur Jatim itu.

Gus Ipul juga mengacungi jempol kiprah para bu nyai selama ini yang telah ikut membina pesantren. "Beliau-beliau itu berperan luar biasa tidak hanya dalam pesantren, tapi juga dalam struktur sosial masyarakat kita. Menjadi pendidik generasi muda sekaligus menjadi salah satu kekuatan ekonomi umat berbasis pesantren," kata Gus Ipul.

Kemarin, di Pesantren Walisongo, Situbondo, ribuan bu nyai berkumpul menyatakan dukungan kepada Gus Ipul. Acara dihadiri sejumlah kiai tersohor, di antaranya KHR Moh Kholil As'ad sebagai tuan rumah acara. "Semoga membawa maslahat bagi umat," kata Ra Kholil, sapaan akrabnya.

Ketua Panitia, Nyai Djuwairiyah Fawaid (Pengasuh Pesantren Syafiiyah Situbondo) mengatakan, Gus Ipul adalah sosok yang tepat memimpin Jatim.

"Lewat sosok Gus Ipul, sekaranglah momentum kita semua untuk bersatu. Kami sudah memulai dan akan terus berjuang, lahir batin. Maka kami juga persembahkan puisi," ujarnya.

Berikut cuplikan puisi "Pemimpin Zaman Now" yang dibuat para bu nyai untuk Gus Ipul:

Pemimpin Zaman Now

Pemimpin zaman now harus kaya inovasi,
syukur-syukur bisa gaya kalau diajak selfi
Inovasi kunci kemajuan, selfi simbol keakraban.

Pemimpin zaman now itu membela rakyatnya
bukan membelah rakyatnya
Bela kepentingannya, jangan belah kerukunannya
Kalau mau belah, belah dadaku saja
di situ cuma ada kamu, iya kamu semua, sedulur sak Jawa Timur
(roi/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed