DetikNews
Sabtu 18 November 2017, 23:05 WIB

Pilgub Jatim 2018

Anas Menjawab Polemik SMA/SMK di Surabaya Tak Lagi Gratis

Rois Jajeli - detikNews
Anas Menjawab Polemik SMA/SMK di Surabaya Tak Lagi Gratis Foto: Ilustrasi oleh Andhika Akbarayansyah
Surabaya - Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jatim Abdullah Azwar Anas menjawab kegalauan masyarakat di Kota Surabaya terkait polemik SMA/SMK yang dikelola Pemprov Jatim. Biaya pendidikan SMA/SMK kini tidak lagi gratis.

Bupati Banyuwangi yang diusung koalisi PDIP-PKB dengan dipasangkan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ini memberikan sinyal jika salah satu yang akan diwujudkan dalam pemerintahan di Jatim mendatang adalah penguatan kolaborasi antar kabupaten/kota.

Baca Juga: Polemik Bansos, dari Risma Tidak Ingin Dibui Hingga DPRD Pecah

Salah satunya di bidang pendidikan, khususnya terkait pengelolaan SMA/SMK yang kini berada di bawah pemerintah provinsi sesuai undang-undang yang ada.

Hal itu disampaikan pada saat Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) menyambut Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 di salah satu hotel, Sabtu (18/11/2017) malam.

"Seperti di Surabaya ini, sangat mampu membiayai SMA/SMK. Ada regulasi yang InsyaAllah memungkinkan, terkait tugas pembantuan," kata Anas.

Baca Juga: Wali Kota Risma Terima Proposal Bantuan Mulai Siswa dan Sekolah

"Jadi ke depan Pemkot Surabaya dan juga daerah lain dengan kekuatan anggaran yang memadai bisa bermitra dengan pemerintah provinsi untuk mengelola SMA/SMK, sehingga pendidikan anak-anak kita bisa semakin bagus dan mudah diakses," tambah Anas.

Rapat yang diikuti 1.500 kader PDIP se-Surabaya itu dihadiri Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi dan Ketua DPC PDIP Surabaya yang juga Wakil Wali kota Surabaya Whisnu Sakti Buana.

Baca Juga: MK Kembali Tegaskan Pengelolaan SMA/SMK oleh Pemprov
(ugik/ugik)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed