DetikNews
Jumat 17 November 2017, 09:35 WIB

Copy KTP Tak Terbaca, KPU Kabupaten Blitar Kembalikan Berkas Parpol

Erliana Riady - detikNews
Copy KTP Tak Terbaca, KPU Kabupaten Blitar Kembalikan Berkas Parpol Foto: Erliana Riady
Blitar - KPU Kabupaten Blitar mengembalikan 10 berkas partai politik yang mendaftar untuk pemilu 2019 mendatang. Pengembalian berkas semua parpol ini, karena copy KTP daftar anggota parpol tidak terbaca.

"Dari 10 parpol yang kemarin mendaftar, semuanya kami kembalikan berkasnya. Ini karena banyak copy KTP anggota yang tidak jelas, sehingga tidak bisa terbaca," kata Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Blitar, Luqman Hakim ditemui di kantornya, Jalan Raya Garum, Jumat (17/11/2017).

Pengembalian berkas, lanjut dia, dalam rangka untuk perbaikan data daftar keanggotaan.

"Berdasarkan surat edaran dari KPU Pusat, setiap parpol diberi kesempatan memperbaiki daftar keanggotaan mulai 18 November-1 Desember 2017 mendatang," jelasnya.

Adapun 10 parpol mendaftar ke KPU Kabupaten Blitar yakni, Partai Demokrat, Gerindra, Golkar, Hanura dan Nasdem. Selain itu juga parpol PAN, PDIP, Perindo, PKS, dan PPP.

"Ini belum final, karena yang menentukan lolos verifikasi atau tidaknya itu KPU Pusat. Dalam pengembalian berkas ini, kami juga akan sampaikan ke para petinggi partai terkait adanya PNS dan TNI Polri yang masuk dalam daftar keanggotaan partai," ungkap Luqman.

Sementara KPU Kabupaten Blitar juga telah menemukan sebanyak 325 daftar keanggotaan ganda. Partai terbanyak yang menyerahkan daftar keanggotaan ganda itu adalah Perindo, disusul PDI-P.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Bidang Organisasi Partai Perindo Kabupaten Blitar, Ferry Prabowo mengatakan, pihaknya justru belum mengetahui hal itu.

"Kami belum tahu, karena baru hari ini akan diserahkan untuk diperbaiki. Kami kemarin serahkan 1.300 daftar anggota, kami belum tahu gandanya sampai berapa. Kalau kurang ya kami perbaiki, kalau lebih ya tetap diperbaiki sesuai dengan Sipil," kata Ferry.

Berdasarkan aturan, bahwa jumlah anggota minimal 1 per 1.000 Daftar Anggota Kependudukan Kabupaten (DAK) lanjutnya, maka parpol yang mendaftar di KPU Kabupaten Blitar, harus menyerahkan daftar anggota minimal sebanyak 1.219 orang.

Sementara, jadwal untuk verifikasi dokumen administrasi akan dilaksanakan mulai tanggal 17 Oktober-15 November.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed