DetikNews
Senin 06 November 2017, 11:31 WIB

LPBHNU Gelar Sekolah dan Konsultasi Hukum Gratis Bantu Masyarakat

Ghazali Dasuqi - detikNews
LPBHNU Gelar Sekolah dan Konsultasi Hukum Gratis Bantu Masyarakat Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Sejumlah advokat dan notaris di Situbondo menggelar sekolah dan konsultasi hukum gratis. Sasarannya adalah masyarakat umum, khususnya yang tinggal di daerah pinggiran.

Selain membantu persoalan hukum yang dihadapi, kegiatan yang dimotori LPBHNU Situbondo ini juga untuk membantu masyarakat sadar dan melek hukum. Tak heran, kegiatan yang dipusatkan di Taman Kota Kecamatan Asembagus ini langsung mendapat perhatian.

"Alhamdulillah respon masyarakat sangat baik pada kegiatan tadi malam. Jumlah masyarakat yang hadir mencapai 113 orang. Mereka berkonsultasi tentang hukum perdata dan hukum pidana," kata Fathol Bari, Koordinator Kegiatan sekaligus Wakil Ketua LPBHNU Situbondo, Senin (6/11/2017).

Keterangan detikcom menyebutkan, sekolah dan konsultasi hukum kali ini sengaja dipusatkan di wilayah timur Situbondo, tepatnya di Taman Kota Asemmbagus. Sebab, sasarannya masyarakat pedesaan yang tinggal di Kecamatan Arjasa, Asembagus, Jangkar dan Kecamatan Arjasa. Sebanyak 113 warga yang hadir, kebanyakan berkonsultasi masalah tanah dan prosedur menuju pendaftaran sertifikat tanah. Sebab sebagian besar tanah yang ada masih berbasis petok atau belum bersertifikat sebelumnya.

"Ini terjadi karena masyarakat yang datang itu kebanyakan dari wilayah pedesaan dan masih belum tahu proses pendaftaran tanah, sebagaimana diatur dalam PP No 24 tahun 1997 tentang pendaftaran tanah," papar Fathol Bari.

Fathol menambahkan, banyaknya warga yang hadir membuat kegiatan sekolah dan konsultasi hukum gratis ini berlangsung hingga pukul 22.00 Wib. Padahal, sebelumnya hanya dijadwal hingga pukul 21.00 Wib. Meski demikian, sebagian warga merasa masih kurang hingga disarankan hadir langsung ke kantor LPBHNU SItubondo di Jalan Madura.

"Ini dua kalinya kami mengadakan kegiatan yang sama, sebelumnya di Alun-alun Besuki. Rencananya 2 bulan sekali, dibagi wilayah timur, barat, dan tengah. Ini murni dari swadaya anggota," tegas pengacara muda itu.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed