DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 11:59 WIB

Surabaya Masuk Pancaroba, Waspadai Panas dan Hujan Tiba-tiba

Michelle Alda Gunawan - detikNews
Surabaya Masuk Pancaroba, Waspadai Panas dan Hujan Tiba-tiba Foto: Thinkstock
Surabaya - Surabaya belum memasuki musim hujan. Saat ini Surabaya masih memasuki musim pancaroba sebelum masuk musim hujan pada dasarian pertama dan kedua bulan November.

Peralihan musim kemarau ke hujan atau pancaroba di Surabaya sudah dialami sejak masuk bulan Oktober.

"Untuk saat ini Surabaya dan sekitarnya sedang mengalami masa peralihan atau pancaroba. Hal ini sudah dialami sejak awal bulan Oktober," ujar prakirawan BMKG Juanda Ahmad Rofiul Huda saat dihubungi detikcom, Jumat (13/10/2017).

Tak heran apabila akhir-akhir ini udara di Surabaya dan sekitarnya terasa lebih panas, terutama siang hari. Hal ini merupakan salah satu dampak dari masa pancaroba tersebut.

"Potensi hujan mulai cukup tinggi, misalnya di wilayah Jawa Timur bagian utara, wilayah tapal kuda (Probolinggo, Banyuwangi, Bondowoso, dan lain-lain). Untuk beberapa hari ini suhu udara mulai cukup tinggi," ujar Huda.

Saat ini, kata Huda, suhu udara berkisar antara 33-35 derajat celcius. Huda mengimbau warga untuk tetap awas dan waspada dengan gejala pacaroba.

"Tetap berhati-hati apabila keluar saat siang hari. Selain itu, potensi hujan juga cukup tinggi sehingga masyarakat perlu mewaspadai ketika ada awan kumulonimbus kemungkinan besar akan terjadi hujan," tambah Huda.

Huda juga menyampaikan bahwa pada bulan November nanti Surabaya dan sekitarnya akan memasuki musim hujan.

"Surabaya dan sekitarnya sudah mulai musim hujan November dasarian 1 maupun dasarian 2," pungkasnya.
(iwd/iwd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed