DetikNews
Rabu 04 Oktober 2017, 15:40 WIB

1.172 Nelayan Banyuwangi Terima Bantuan Konversi BBM ke BBG

Ardian Fanani - detikNews
1.172 Nelayan Banyuwangi Terima Bantuan Konversi BBM ke BBG Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - 1.172 Paket program Konversi BBM ke BBG dari pemerintah pusat ke para nelayan, disalurkan. Pemkab Banyuwangi menyalurkan program konversi ini dari Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementrian ESDM.

Setiap paket terdiri dari 1 unit mesin penggerak, 1 unit Konverter Kit dan aksesoris, 2 unit tabung LPG 3 Kg dan 1 unit as panjang dan baling baling lengkap dengan aksesorisnya.

"Di tahun 2017 ini, dibagikan Konverter Kit BBM ke BBG untuk nelayan di 16 Kabupaten dan kota yang di alokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2017 sebanyak 16.656 paket," ujar Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Banyuwangi, Hary Cahyo Purnomo kepada wartawan, usai pembagian bantuan di Pelabuhan Satelit, Kecamatan Muncar, Rabu (4/10/2017).

Menurut Hary, bantuan ini untuk meningkatkan ketahanan energy dan perekonomian masyarakat nelayan kecil.

Hary mengaku, pemerintah telah menetapkan kriteria nelayan yang mendapatkan paket tersebut berdasarkan Perpres Nomor 126 tahun 2015 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan Harga LPG untuk kapal perikanan bagi Nelayan Kecil.

Antara lain nelayan yang memiliki kapal ukuran di bawah 5 Gross Tonnage (GT), berbahan bakar bensin atau solar dan memiliki daya mesin di bawah 13 Horse Power (HP).

"Program ini merupakan wujud upaya pemerintah di dalam meningkatkan ketahanan energy dan perekonomian masyarakat nelayan kecil. Dari sisi keekonomian, dengan konversi ini nelayan akan lebih hemat 40 persen dari pada menggunakan Bahan Bakar Minyak," imbuhnya.

Selain itu, dengan beralihnya BBM ke BBG di nilai untuk menjaga lingkungan dan sumber daya alam, sehingga masyarakat nelayan juga turut menyelamatkan bumi (penghematan bahan bakar fosil) selain sebagai perwujudan energy berkeadilan.

Sementara itu, ke 1.172 paket yang diterima nelayan Kabupaten Banyuwangi itu akan diserahkan ke beberapa tempat. Yakni, TPI Bimorejo Kecamatan Wongsorejo sebanyak 67 paket, TPI Mandar Kecamatan Banyuwangi sebanyak 201 paket, TPI Badean Kecamatan Rogojampi sebanyak 297 paket, TPI Satelit Kecamatan Muncar sebanyak 383 paket dan TPI Kaliwatu Kecamatan Tegaldlimo sebanyak 175 paket.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed